Kamis 30 Mar 2023 18:39 WIB

Alhamdulillah, Berlin Izinkan Guru Muslim Pakai Jilbab

Jilbab dan pemakaian simbol agama oleh guru akan diizinkan secara umum.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi jilbab. Alhamdulillah, Berlin Izinkan Guru Muslim Pakai Jilbab
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi jilbab. Alhamdulillah, Berlin Izinkan Guru Muslim Pakai Jilbab

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Negara bagian Berlin, Jerman, akan mengizinkan guru Muslim mengenakan jilbab. Hal ini disampaikan oleh pihak berwenang Berlin pada Rabu (29/3/2023).

Seperti dilansir Anadolu Agency pada Kamis (30/3/2023), Departemen Pendidikan Berlin dalam surat resmi yang dikirim ke direktur-direktur sekolah mengatakan, jilbab dan pemakaian simbol agama oleh guru akan diizinkan secara umum.

Baca Juga

Jilbab hanya dapat dibatasi dalam kasus individu jika hal itu membahayakan perdamaian sekolah. Di bawah undang-undang netralitas Berlin, yang mencegah pegawai negeri mengenakan pakaian dan simbol keagamaan, guru di kota itu dilarang mengenakan jilbab sejak 2005.

Namun, beberapa putusan pengadilan dalam beberapa tahun terakhir menggarisbawahi larangan menyeluruh terhadap jilbab merupakan diskriminasi dan melanggar jaminan kebebasan beragama oleh konstitusi. Departemen Pendidikan, Pemuda dan Keluarga Senat memberi tahu direktur sekolah bahwa mereka harus mematuhi keputusan pengadilan baru-baru ini.

sumber : https://www.aa.com.tr/en/europe/berlin-to-allow-muslim-teachers-to-wear-headscarves/2858437
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement