Selasa 28 Mar 2023 13:08 WIB

Momen HUT Al-Azhar, KH Ma’ruf Amin Dianugerahi Tokoh Wasathiyah

Alumni Al-Azhar menilai KH Ma’ruf Amin selalu menggaungkan toleransi.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
Foto: Dok.BPMI/Setwapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka memperingati hari jadi Al-Azhar ke-1083 pada 7 Ramadhan 1444 Hijriyah yang bertepatan dengan Rabu (29/3/2023), Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia menyelenggarakan serangkaian kegiatan.

Kegiatan OIAA Cabang Indonesia di antaranya webinar penguatan moderasi beragama, tebar 1.083 paket sembako dan 1.083 mushaf Alquran, 1.083 khataman Alquran, Salam Ramadhan berupa video pendek keagamaan oleh alumni Al-Azhar dari seluruh Indonesia, dan resepsi Hari Al-Azhar Internasional ke-1083 yang merupakan puncak peringatan.

Baca Juga

Ketua OIAA Cabang Indonesia, Tuan Guru Bajang (TGB) M Zainul Majdi, mengatakan, tebar 1.083 paket sembako dilakukan untuk masyarakat yang membutuhkan di sekitar kantor OIAA Cabang Indonesia di Bekasi dan kantor-kantor cabang di 23 provinsi di seluruh Indonesia. Kegiatan 1.083 kali khatam Alquran melibatkan jaringan alumni yang mengelola pesantren di seluruh Indonesia, sedangkan Salam Ramadhan dilakukan melalui kanal Youtube OIAA di OIAA Indonesia Channel dan akun instagram @oiaaindonesia dan @pusibaoiaa pada pukul 17.00 setiap hari selama Ramadhan.

"Resepsi Hari Al-Azhar Internasional ke-1083 akan diselenggarakan pada Selasa, 28 Maret 2023, di Istana Wakil Presiden RI Jakarta," kata TGB Zainul Majdi melalui pesan tertulis kepada Republika, Selasa (28/3/2023).

TGB Zainul Majdi mengkonfirmasi kehadiran Wapres RI pada helatan tersebut. Menurut TGB, Wapres KH Ma’ruf Amin juga Insya Allah berkenan memberikan sambutan dan amanat untuk alumni Al-Azhar di Indonesia. Peringatan tahun ini mengambil tema; Al-Azhar Al-Syarif; Benteng Wasathiyyah dan Mercusuar Pembaharuan.

Syekh Al-Azhar Prof Ahmed Al-Tayeb sebagai Ketua Pimpinan Pusat (PP) OIAA di Kairo secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Wapres RI KH Ma’ruf Amin atas peran dan dukungan yang selama ini diberikan kepada Al-Azhar melalui dukungan terhadap OIAA Cabang Indonesia dan alumni Al-Azhar di Indonesia secara umum dalam memainkan peran menguatkan moderasi beragama di masyarakat lingkungannya masing-masing. Moderasi beragama atau wasathiyah merupakan salah satu misi penting dakwah Al-Azhar di seluruh dunia.

Selain menyampaikan ucapan terima kasih, Al-Azhar juga akan menganugerahkan penghargaan sebagai Tokoh Wasathiyah kepada Wapres KH Ma’ruf Amin. Penyerahan penghargaan tersebut akan dilakukan oleh Ketua OIAA Cabang Indonesia TGB Zainul Majdi dalam rangkaian Resepsi Hari Al-Azhar Internasional ke-1083 pada Selasa (28/3/2023) di Istana Wapres Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement