Selasa 07 Mar 2023 21:47 WIB

Universitas Afghanistan Dibuka kembali, Tetapi Wanita Masih Dilarang Masuk Kuliah

Taliban Afghanistan masih melarang wanita mengikuti perkuliahan

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
 Para siswi Afghanistan berfoto di ruang kelas di Kabul, Afghanistan, Kamis, 22 Desember 2022. Penguasa Taliban di negara itu awal pekan ini memerintahkan perempuan secara nasional untuk berhenti kuliah di universitas swasta dan negeri efektif segera dan sampai pemberitahuan lebih lanjut. Mereka telah melarang anak perempuan dari sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, melarang perempuan dari sebagian besar bidang pekerjaan dan memerintahkan mereka untuk mengenakan pakaian dari kepala hingga ujung kaki di depan umum. Wanita juga dilarang ke taman dan pusat kebugaran.
Foto:

Dia mengatakan pemerintah Taliban ingin wanita tetap tidak berpendidikan. Karena jika wanita berpendidikan maka mereka tidak akan pernah menerima pemerintahan yang mengeksploitasi Islam dan Alquran. 

"Mereka akan membela hak-hak mereka. Itulah ketakutan yang dimiliki Pemerintah Taliban,” tegasnya. 

Di universitas swasta ibu kota, siswa laki-laki kembali ke kelas pada Senin. "Kakak perempuanku, sayangnya, tidak bisa datang ke universitas. Dia mencoba belajar di rumah," kata Ebratullah Rahimi, mahasiswa jurnalisme lainnya. 

Beberapa pejabat Taliban mengatakan larangan pendidikan perempuan bersifat sementara tetapi, meskipun ada janji, mereka telah gagal membuka kembali sekolah menengah untuk anak perempuan, yang telah ditutup selama lebih dari setahun. 

Pihak berwenang telah mengeluarkan serangkaian alasan untuk penutupan, dari kekurangan dana hingga waktu yang dibutuhkan untuk merombak silabus. 

Kenyataannya, menurut beberapa pejabat Taliban, adalah bahwa ulama ultra-konservatif yang menasihati pemimpin tertinggi Afghanistan Hibatullah Akhundzada sangat skeptis terhadap pendidikan modern bagi perempuan. 

Otoritas Taliban telah secara efektif memeras perempuan dari kehidupan publik sejak merebut kembali kekuasaan.

Wanita telah dikeluarkan dari banyak pekerjaan pemerintah atau dibayar sebagian kecil dari gaji mereka sebelumnya untuk tinggal di rumah. 

Baca juga: Muhammadiyah Resmi Beli Gereja di Spanyol yang Juga Bekas Masjid Era Abbasiyah

 

Mereka juga dilarang pergi ke taman, pameran, pusat kebugaran dan pemandian umum, dan harus ditutup-tutupi di depan umum. 

Kelompok hak asasi manusia telah mengutuk pembatasan tersebut, yang oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa disebut "artheid berbasis gender".

Komunitas internasional telah menjadikan hak atas pendidikan bagi perempuan sebagai titik tolak dalam negosiasi atas bantuan dan pengakuan pemerintah Taliban 

Sejauh ini belum ada negara yang secara resmi mengakui Taliban sebagai penguasa sah Afghanistan. 

 

 

Sumber: ahram    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement