Senin 06 Mar 2023 11:17 WIB

Baznas Bantu Tingkatkan Usaha Saudagar ZMart Asal Tangerang

Program Zmart yang digulirkan Baznas berhasil meningkatkan perekonomian mustahik.

Program Zmart yang digulirkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berhasil meningkatkan perekonomian keluarga mustahik penerima manfaat.
Foto: Baznas
Program Zmart yang digulirkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berhasil meningkatkan perekonomian keluarga mustahik penerima manfaat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Zmart yang digulirkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berhasil meningkatkan perekonomian keluarga mustahik penerima manfaat, termasuk yang terjadi pada Sukito (50 tahun) penerima manfaat asal Tangerang, Banten. 

Setalah mendapat bantuan dari Baznas omzet saudagar Zmart yang berlokasi Kecamatan Cibodas itu meningkat dari Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu per harinya. 

"Alhamdulillah, setelah adanya bantuan dari Baznas sedikit demi sedikit mulai ada peningkatan. Sebelumnya pendapatannya tidak sampai 100 ribu per hari karena jumlah barang dagangan masih minim dan pengelolaan warung yang kurang fokus," ujar Sukito di Tangerang, Senin (6/3/2023), dalam siaran persnya.

Sukito menjelaskan, Baznas telah memberikan bantuan berupa modal dan peralatan usaha berupa 1 set rak  untuk pengembangan usahanya pada bulan Juli 2022 atau sekitar 7 bulan yang lalu.

Sejak itu pula perkembangan mulai ia rasakan. Mulai dari jumlah produk yang semakin komplit, stok opname produk bertambah, melakukan pencatatan omzet harian secara rutin dan berkala. 

Adanya peningkatan dan perkembangan usaha yang dialami Sukito juga tak lepas dari keaktifannya di setiap pertemuan kelompok Zmart untuk mendapatkan ilmu pengembangan usaha dan juga dapat menjaga kebersamaan sesama anggota untuk selalu semangat dan berusaha, berdoa dan tak lupa menyisihkan sebagian pendapatan untuk sedekah.

Perkembangan usaha Sukito tersebut mendapat apresiasi dari Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA. 

Menurut Saidah, dedikasi tinggi yang ditunjukkan Sukito dapat menjadi contoh bagaimana mustahik binaan Baznas mempertanggungjawabkan bantuan yang diberikan, untuk mendukung kemajuan usahanya. 

"Komitmen Bapak Sukito sebagai penerima manfaat dalam program Zmart, dapat menjadi contoh baik bagi penerima manfaat lainnya agar terus bersemangat dalam menjalankan usaha. Hal ini tak lepas dari dukungan yang terus diberikan Baznas melalui para pendamping yang intens terjun ke lapangan," ucap Saidah.

Saidah juga mengucapkan terima kasih kepada para muzaki yang selalu membantu peran Baznas dalam upayanya menyejahterakan umat. Dana yang disalurkan, sangat mendukung program produktif yang digulirkan Baznas untuk mendukung kemandirian ekonomi para mustahik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement