Ahad 05 Mar 2023 21:46 WIB

DMI Sulteng Optimalkan Rehabilitasi Tempat Wudhu-Toilet 500 Masjid 

DMI Sulteng berkomitmen tingkatkan pelayanan masjid

Ilustrasi tempat wudhu. DMI Sulteng berkomitmen tingkatkan pelayanan masjid
Foto: Republika/Yasin Habibi
Ilustrasi tempat wudhu. DMI Sulteng berkomitmen tingkatkan pelayanan masjid

REPUBLIKA.CO.ID, PALU— Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengoptimalkan program rehabilitasi tempat wudhu dan toilet di 500 masjid yang tersebar di 12 kabupaten dan satu kota di Sulteng.

"Program rehabilitasi sarana masjid didukung penuh oleh Ketum PW DMI Sulteng Ahmad M Ali," kata Sekretaris Umum PW DMI Sulteng Muchtar Ibnu Mas'uddalam rapat kerja PW DMI Sulteng, di Palu, Ahad (5/3/2023).

Baca Juga

Ia mengatakanAhmad M Ali merupakan pengusaha yang saat ini menduduki jabatan sebagai anggota DPR dari Daerah Pemilihan Sulawesi Tengah.

"Selain sebagai pengusaha dan politisi, Ahmad M Ali juga dipercaya oleh tokoh-tokoh agama Islam di Sulteng untuk memimpin organisasi DMI di provinsi tersebut," katanya.

Melaluikepemimpinannya, kata dia, PW DMI Sulteng tahun ini mulai melaksanakan program rehabilitasi sarana tempat wudhu dan toilet di 500 masjid di Sulteng.

Program ini, menurut Muchtar, dipertajam oleh PW DMI Sulteng melalui rapat kerja yang menghadirkan pengurus DMI dari 12 kabupaten dan satu kota di Sulteng.

"Melalui raker ini diharapkan nantinya program tersebut benar-benar tepat sasaran," katanya.

Dia menambahkan, program rehabilitasi sarana masjid merupakan satu bentuk komitmen dan konsistensi DMI Sulteng dalam memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

Berdasarkan data Kanwil Kemenag Sulteng terdapat 3.563 masjid dan 1.210 mushala dalam berbagai tipologi di provinsi tersebut.

Kanwil Kemenag Sulteng mengakui bahwa kondisi kebersihan masjid di provinsi tersebut masih menjadi problem dan tantangan.

Kemenag Sulteng menyebutkan terdapat beberapa masjid, begitu pintu toilet dibuka, pengunjung langsung mencium bau tidak sedap. Belum lagi, banyak masjid yang tidak dilengkapi dengan sarana air bersih, tidak ada gayung, atau pintu toilet tidak bisa dikunci. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement