Senin 27 Feb 2023 16:34 WIB

10 Masjid Terbesar di Dunia

Ada Masjid Istiqlal sebagai salah satu masjid terbesar di dunia.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
10 Masjid Terbesar di Dunia. Foto: Tampilan udara menunjukkan menara jam di atas Masjidil Haram ketika para peziarah Muslim berjalan di sekitar Ka
Foto:

Keenam, Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia

Masjid Istiqlal terletak di ibu kota Jakarta di Indonesia dan merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Dibangun pada tahun 1978 dan memiliki desain modern yang mencerminkan warisan budaya Indonesia yang beragam. Masjid ini dapat menampung hingga 120 ribu jamaah sekaligus dan mencakup area seluas 9,5 hektar.

photo
Teknisi membersihkan kubah masjid menggunakan peralatan khusus di Masjid Istiqlal, Kamis (15/12). - (Republika/ Wihdan )

Ketujuh, Masjid Agung Sheikh Zayed, Abu Dhabi, UEA

Masjid Agung Sheikh Zayed terletak di kota Abu Dhabi di Uni Emirat Arab dan merupakan masjid terbesar di negara ini. Itu dibangun pada tahun 2007 dan dinamai menurut Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, pendiri UEA. Masjid ini memiliki desain yang indah yang memadukan unsur arsitektur Islam dari seluruh dunia dan dapat menampung hingga 41 ribu jamaah sekaligus. Ini juga menampilkan karpet dan lampu gantung terbesar di dunia, menambah kemegahan dan keindahannya.

photo
Masjid Sheikh Zayed - Abu Dhabi, UEA - ()

Kedelapan, Masjid Badsahi, Lahore, Pakistan

photo
Orang-orang berbuka puasa selama bulan suci Ramadhan di masjid bersejarah Badshahi, di Lahore, Pakistan, Minggu, 3 April 2022. - (AP/K.M. Chaudary)

Masjid Badshahi terletak di kota Lahore di Pakistan dan merupakan masjid terbesar keenam di dunia. Dibangun pada tahun 1673 oleh Kaisar Mughal Aurangzeb dan menampilkan perpaduan arsitektur Mughal dan Islam yang menakjubkan. Masjid ini dapat menampung hingga 100 ribu jamaah sekaligus dan telah mengalami beberapa kali renovasi dan pemugaran selama bertahun-tahun untuk menjaga keindahannya.

photo
Orang-orang berbuka puasa dengan latar belakang Masjid Sultan Ahmed yang ikonik, lebih dikenal sebagai Masjid Biru, dihiasi dengan lampu dan slogan bertuliskan Ramadhan adalah cinta, menandai bulan Ramadhan, di distrik bersejarah Sultan Ahmed di Istanbul, Turki, Selasa (13/4). - (AP / Emrah Gurel)

Kesembilan, Masjid Sultan Ahmed, Istanbul, Turki

Masjid Sultan Ahmed, juga dikenal sebagai Masjid Biru, terletak di kota bersejarah Istanbul di Turki dan merupakan masjid terbesar ketujuh di dunia. Dibangun pada abad ke-17 dan menampilkan desain unik dengan enam menara dan interior indah yang dihiasi ubin biru. Masjid ini dapat menampung hingga 10 ribu jamaah sekaligus dan merupakan daya tarik wisata yang populer di Istanbul.

photo
Masjid Agung Bursa (Bursa Ulu Camii) - (evsinturkey.com)

 

Kesepuluh, Masjid Agung Bursa, Bursa, Turki

Masjid Agung Bursa, juga dikenal sebagai Ulu jami, terletak di kota Bursa di Turki dan merupakan masjid terbesar kedelapan di dunia. Itu dibangun pada abad ke-14 dan menampilkan perpaduan arsitektur Seljuk dan Ottoman. Masjid ini memiliki 20 kubah dan dua menara dan dapat menampung hingga 5.000 jamaah sekaligus.

Sumber:

https://www.halaltimes.com/which-are-the-worlds-10-largest-mosques-by-size/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement