Senin 27 Feb 2023 16:34 WIB

10 Masjid Terbesar di Dunia

Ada Masjid Istiqlal sebagai salah satu masjid terbesar di dunia.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
10 Masjid Terbesar di Dunia. Foto: Tampilan udara menunjukkan menara jam di atas Masjidil Haram ketika para peziarah Muslim berjalan di sekitar Ka
Foto: AP Photo/Amr Nabil
10 Masjid Terbesar di Dunia. Foto: Tampilan udara menunjukkan menara jam di atas Masjidil Haram ketika para peziarah Muslim berjalan di sekitar Ka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepuluh masjid ini mewakili beberapa pencapaian arsitektur paling signifikan dan mengesankan dalam sejarah Islam. Masing-masing masjid ini memiliki sejarah, desain, dan makna budaya yang unik yang menjadikannya landmark penting di negara masing-masing. Mereka berfungsi sebagai pusat pertemuan spiritual dan komunal bagi umat Islam di seluruh dunia, dan pembangunannya merupakan bukti pengabdian dan komitmen iman Islam.

Pertama, Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi

Baca Juga

Masjid alharam, yang terletak di kota suci Makkah, adalah masjid terbesar di dunia. Itu juga merupakan situs paling suci dalam Islam dan merupakan tujuan ziarah haji tahunan yang menarik jutaan muslim dari seluruh dunia. Masjid ini dibangun pada abad ke-7 oleh Nabi Muhammad, dan telah mengalami beberapa perluasan dan renovasi selama bertahun-tahun. Saat ini, masjid tersebut meliputi area seluas 356.800 meter persegi dan dapat menampung lebih dari 1 juta jamaah sekaligus.

 

photo
Sejumlah jamaah berjalan-jalan di pelataran Masjid Nabawi, Madinah, Selasa (16/7) dinihari. Sebagian memanfaatkan untuk berkeliling Masjid dan menyaksikan keindahan arsitektur Masjid Nabawi. - (Republika/Syahruddin El-Fikri)

Kedua, Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi

Masjid Nabawi juga dikenal sebagai Masjid Nabawi, adalah masjid terbesar kedua di dunia. Itu terletak di kota Madinah dan merupakan tempat pemakaman Nabi Muhammad (saw). Masjid ini awalnya dibangun pada abad ke-7 dan telah diperluas dan direnovasi berkali-kali selama berabad-abad. Hari ini, dapat menampung hingga satu juta jamaah dan mencakup area seluas 400.500 meter persegi.

photo
Pelayat membawa jenazah demonstran yang meninggal dalam protes antipemerintah untuk dishalatkan di Masjid Imam Ali di Najaf, Irak, Sabtu (5/10). - (AP Photo/Anmar Khalil)

Ketiga, Masjid Imam Ali, Najaf, Irak

Masjid Imam Ali terletak di kota Najaf di Irak dan merupakan masjid terbesar ketiga di dunia. Ini adalah tempat pemakaman Imam Ali, sepupu, dan menantu Nabi Muhammad (saw) dan khalifah keempat Islam. Masjid ini dibangun pada abad ke-10 dan telah mengalami beberapa kali renovasi dan perluasan selama bertahun-tahun. Hari ini, dapat menampung hingga 700 ribu jamaah dan mencakup area seluas 94 ribu meter persegi.

photo
Masjid Faisal di Islamabad, Pakistan. - (google.com)

Keempat, Masjid Faisal, Islamabad, Pakistan

Masjid Faisal terletak di ibu kota Islamabad di Pakistan, dan merupakan masjid terbesar keempat di dunia. Dibangun pada tahun 1986 dan dinamai Raja Faisal dari Arab Saudi, yang mendanai pembangunan masjid. Masjid ini memiliki desain unik yang memadukan arsitektur Islam tradisional dengan gaya modern, dan dapat menampung hingga 300 ribu jamaah sekaligus.

photo
Masjid Hasan II di Casablanca, Maroko. - (travelpod.com)

Kelima, Masjid Hassan II, Casablanca, Maroko

Masjid Hassan II terletak di kota Casablanca di Maroko dan merupakan masjid terbesar kelima di dunia. Itu dibangun pada tahun 1993 dan dinamai Raja Hassan II dari Maroko, yang menugaskan pembangunannya. Masjid ini memiliki desain cantik yang memadukan unsur arsitektur tradisional Maroko dan mampu menampung hingga 105 ribu jamaah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement