Ahad 26 Feb 2023 18:18 WIB

Ramai di Medsos Persoalkan Biskuit Oreo Terbuat dari Lemak Babi, Benarkah?

Mondelez International menyatakan produknya ramah terhadap Muslim

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi olahan biskuit Oreo. Mondelez International menyatakan produknya ramah terhadap Muslim
Foto: Rocketnews24
Ilustrasi olahan biskuit Oreo. Mondelez International menyatakan produknya ramah terhadap Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Sebuah meme beredar di media sosial Facebook di India. Meme tersebut menyebutkan, bahwa biskuit Oreo diharamkan bagi umat Islam karena terbuat dari lemak dan susu babi.

Kemudian pada Januari 2023, Snopes menerima email dari seorang pembaca untuk menanyakan apakah benar biskuit Oreo dibuat dengan lemak babi sehingga muslim dilarang memakannya susu babi.  

Baca Juga

Islam memiliki seperangkat hukum tentang aturan makanan yang boleh dimakan (halal) dan haram dimakan Muslim. 

Daftar itu mencakup semua yang mengandung babi atau produk sampingan babi adalah haram untuk dimakan bagi Muslim. 

“Kami memulai penelitian kami dengan memeriksa label bahan pada produk Oreo. Ini, misalnya, bahan dalam Oreo asli,” menurut produsennya, Mondelez International dilansir dari Snopes, Sabtu (25/2/2023). 

Berikut ini daftar bahan yang digunakan dalam pembuatan biskuit oreo yaitu tepung terigu, gula, minyak sawit, minyak lobak, bubuk kakao yang dikurangi lemak 4,3 persen, pati gandum, sirup glukosa-fruktosa, bahan pengembang (amonium karbonat, kalium karbonat, natrium karbonat), garam, pengemulsi (lesitin kedelai), keasaman regulator (natrium hidroksida), penyedap rasa. 

Mondelez meminta masyarakat untuk memperhatikan, bahwa tidak ada bahan babi (atau hewan lain) apa pun yang ada di daftar itu. 

“Sebisa mungkin kami menentukan, tidak ada bahan yang disebutkan di atas yang dianggap haram (dilarang) bagi umat Islam. Bahan serupa, dengan sedikit variasi, tercantum untuk produk Oreo lainnya. Tidak ada yang mengandung produk sampingan babi atau babi,” jelas Mondelez. 

Oleh karena itu, apakah Oreo halal (diizinkan)? Situs web Oreo UK menyatakan sebagai berikut:  

Biskuit Oreo yang diproduksi di Eropa tidak bersertifikat halal tetapi komposisi atau proses produksinya tidak menggunakan bahan yang haram bagi Muslim. Pengecualian untuk ini adalah Oreo Strawberry Cheesecake, Oreo Choc'o Brownie, Oreo Enrobed Milk & White, Oreo Cadbury Coated, dan Oreo Crunchy Bites Dipped. 

“Kami memeriksa daftar bahan dari produk yang tercantum di atas sebagai pengecualian untuk spesifikasi cocok untuk diet Muslim di atas, dan tidak menemukan produk babi atau produk sampingan yang tercantum. Sebagai catatan, kami juga tidak menemukan produk babi atau produk sampingan yang terdaftar sebagai bahan dalam biskuit Oreo yang diproduksi di Amerika Serikat.” 

Karena meme tersebut tampaknya telah beredar cukup banyak di India, kami berkonsultasi dengan pemeriksa fakta oleh situs web India Alt.News.in, yang mengatakan bahwa juru bicara Mondelez International memberi tahu publikasi tersebut bahwa semua produk Oreo yang diproduksi di India "berasal dari 'vegetarian', " dikonfirmasi oleh titik hijau di bungkusnya." 

Terakhir, situs web pengecekan fakta lainnya, The Logical Indian mengutip tweet pada 5 Januari 2023 oleh Kementerian Perubahan Iklim dan Lingkungan Uni Emirat Arab (MoCCAE), yang mengatakan pengujian telah mengonfirmasi bahwa Oreo tidak mengandung produk hewani babi. 

Mengingat semua bukti di atas, Snopes menilai klaim bahwa biskuit Oreo mengandung lemak babi dan diharamkan bagi Muslim sebagai tidak benar. 

 

Sumber: snopes

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement