Sabtu 18 Feb 2023 10:54 WIB

Produk Menstruasi untuk Korban Gempa Turki-Suriah Kerap Luput dari Paket Bantuan

Kurangnya akses produk menstruasi berdampak pada kesehatan fisik dan mental wanita.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Seorang wanita muda memindahkan puing-puing dari bangunan yang hancur saat dia mencari korban gempa dengan tim penyelamat di Gaziantep, Turki, Senin (6/2/2023). Gempa kuat telah merobohkan beberapa bangunan di tenggara Turki dan Suriah dan dikhawatirkan banyak korban jiwa. Produk Menstruasi untuk Korban Gempa Turki-Suriah Kerap Luput dari Paket Bantuan
Foto:

Per 14 Februari, organisasi Turki telah mengirimkan total 4.241 paket yang mencakup pembalut, tisu toilet, sabun, serta barang-barang penting lainnya. Saat ini, organisasi sedang bekerja dengan perusahaan dalam rencana jangka panjang untuk memastikan mereka terus menyumbangkan produk kepada para korban setidaknya untuk setahun depan.

“Kami telah mengadakan pertemuan dengan perusahaan menstruasi yang menjanjikan untuk terus berdonasi, tidak hanya untuk kami, tetapi untuk organisasi lain karena kami membutuhkan dukungan setidaknya selama satu tahun,” katanya.

Aldanmaz dan timnya juga menyoroti pentingnya menyediakan akses ke toilet yang aman dan air bersih bagi perempuan dan anak perempuan sehingga mereka benar-benar dapat menggunakan produk menstruasi.

Mereka saat ini bekerja dengan pekerja bantuan di lapangan untuk meningkatkan kesadaran tentang apa yang perlu mereka berikan, serta bagaimana menangani contoh penyintas muda yang akan menstruasi untuk pertama kalinya setelah bencana.

“Perawatan menstruasi melampaui produk menstruasi itu sendiri,” kata Aldanmaz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement