Senin 13 Feb 2023 14:50 WIB

Pendidikan Madrasah Penentu Keberlangsungan Bangsa

Pendidikan madrasah membentuk keimanan, persatuan, dan karakter.

Sejumlah siswa mengerjakan soal saat mengikuti ujian akhir semester berbasis digital atau
Foto: ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Sejumlah siswa mengerjakan soal saat mengikuti ujian akhir semester berbasis digital atau

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus berupaya untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan madrasah diKota Kotamobagu.

"Kegiatan wisuda para santri menjadi bukti kualitas pendidikan semakin baik di madrasah," kata Kepala Kantor Kemenag Kota Kotamobagu, Jamaludin Lamato, di Kotamobagu, Sabtu, pada wisuda santri Madrasah Ibtidaiyah Baitul Makmur.

Baca Juga

Ia mengatakan Bidang Pendidikan Islam Kementerian Agama Kota Kotamobagu terus berupaya memberikan pendidikan berkualitas bagi generasi muda.Hal itu, kata dia, juga merupakan bentuk apresiasi terhadap usaha dan dedikasi santri dalam menghafal Alquran.

Selain itu, kata Jamaludin Lamato, pihaknya berharap agar kegiatan ini dapat terus berlangsung dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kotamobagu.Kabag Kesra Pemkot Kotamobagu Hamdan Mokoagowmenyatakan pihaknya menetapkan Kotamobagu sebagai kota santri, dengan harapan membumikan nuansa Islam dan memperkuat semangat untuk membaca Alquran.

 

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Utara, H Sarbin Sehe, mengatakan wisuda itu dilakukan bagi para santri yang telah berhasil menyelesaikan khatam Alquran.

Namun, kata dia, wisuda bukan berarti seseorang berhenti mengaji sehingga khatam Alquran harus berkualitas dan merupakan bukti dari usaha dan dedikasi dalam memahami dan memeluk agama Islam.

"Marilah kita semangat menghadirkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Saya ingin memberikan ucapan selamat kepada para orang tua yang membimbing anak-anak mereka dalam membaca Alquran. Di sekolah, di rumah, dan di mana pun kita berada, marilah kita bumikan Alquran dan cahayakan kehidupan kita dengan Alquran," katanya.

Kegiatan wisuda santri Madrasah Ibtidaiyah Baitul Makmur Kotamobagu ini diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan Islam Kementerian Agama Kota Kotamobagu.

Acara ini dihadiri oleh beberapa madrasah yang ikut serta dalam kegiatan pengukuhan. Wisuda santri ini diliputi suasana kebahagiaan dan haru. Para santri yang sudah membaca Alquran secara utuh, tampil memperagakan kemampuannya dalam membaca Alqur an dengan lantang dan merdu.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement