Senin 13 Feb 2023 14:41 WIB

Narapidana Lapas di Bangka Belitung Dibiasakan Menghafal Alquran

Pembinaan keagamaan narapidana di Bangka Belitung akan meningkatkan keimanan.

Ilustrasi menghafal Alquran.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ilustrasi menghafal Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID,PANGKALPINANG -- Kanwil Kemenkumham Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng Kementerian Agama Kepulauan Babel untuk meningkatkan kualitas pembinaan keagamaan warga binaan permasyarakatan (WBP) yang menjalani masa hukuman di lapas daerah itu.

"Kami mengucapkan terima kasih atas sinergi Kemenag dalam meningkatkan pembinaan keagamaan WBP," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto di Pangkalpinang, kemarin.

Baca Juga

Pembinaan keagamaan narapidana akan meningkatkan keimanan warga binaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga mereka setelah bebas tidak lagi melakukan tindak pidana.

"Saya berharap bantuan Kanwil Kemenag Babel untuk meningkatkan kualitas pembinaan WBP yang beragama Islam," ujarnya.

 

Misalnya pembinaan bagi WBP beragama Islam, di antaranya program hafal Alquran, perawatan jenazah, pembinaan agar WBP bisa jadi imam sholat, bisa jadi khotib sholat Jumat, dan bisa jadi penceramah selama dan setelah bebas menjalani pidana.

"Pembinaan tidak hanya diberikan kepada WBP beragama Islam, tetapi juga beragama WBP nonmuslim," katanya.

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Babel Tumiran menyampaikan bahwa selama ini jajarannya telah melakukan pembinaan di lapas dan rutan di Babel dan akan berusaha untuk meningkatkan kualitas layanan pembinaan bagi WBP yang beragama Islam.

"Kami memiliki program 'Babel Kemenag TV', yang menyiarkan informasi seputar keagamaan, ceramah, haji dan umroh, dan sebagainya," katanya.

Ia mengajak Kanwil Kemenkumham Babel untuk turut serta memberikan informasi seputar paspor maupun Lapas/Rutan.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement