Senin 22 Jul 2024 06:38 WIB

Babak Baru Tata Kelola Timah di Babel dan Jaminan Allah Bumi Kandung Banyak Kekayaan

Timah di Babel merupakan sumber kekayaan alam yang dijanjikan Allah.

Ilustrasi eksplorasi tambang timah.
Foto: dok MIND ID
Ilustrasi eksplorasi tambang timah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Setelah kasus korupsi timah di Bangka Belitung diungkap aparat penegak hukum, pemerintah berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membenahi tata kelolanya.

Pemerintah bersama para pemangku kepentingan tambang menginginkan tata kelola yang lebih baik sehingga penegakkan hukum berjalan, masyarakat sejahtera, ekonomi tumbuh. Dengan begitu tambang timah yang merupakan kekayaan daerah Bangka Belitung dapat dieksplorasi dengan baik.

Baca Juga

Pemerintah mencatat pada Tahun tahun 2021, sumber daya timah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebesar 2.180.081,1701 ton dengan cadangan 1.971.101,13 ton. Sementara potensi bijih timah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2021 mencapai 6.008.646.449,3485 ton, dengan cadangan bijih timah 6.126.513.015,5239 ton.

Dengan potensi yang sangat besar tersebut, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dipredikatkan sebagai wilayah penghasil timah terbesar di Indonesia. Bahkan potensi timah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara penghasil timah terbesar di dunia.

Kekayaan alam semacam itu merupakan bukti Allah menjamin bumi mengandung kekayaan yang luar biasa besar. Dengan memanfaatkan hal tersebut, makhluk yang tinggal di dalamnya dapat hidup dengan sejahtera.

Dalam Surah Yasin ayat 35, Allah berfirman,

لِيَأْكُلُوا۟ مِن ثَمَرِهِۦ وَمَا عَمِلَتْهُ أَيْدِيهِمْ ۖ أَفَلَا يَشْكُرُونَ

liya`kulụ min ṡamarihī wa mā ‘amilat-hu aidīhim, a fa lā yasykurụn

Supaya mereka dapat makan dari buahnya, dan dari apa yang diusahakan oleh tangan mereka. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?

Maksud ayat tersebut adalah, manusia tak lagi bersusah payah untuk mengeksplorasi kekayaan bumi baik dari hasil pertanian maupun pertambangan, sehingga mereka mendapatkan kehidupan yang sejahtera.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement