Sabtu 11 Feb 2023 22:30 WIB

UEA Kurangi Jam Kerja Karyawan Selama Ramadhan Nanti

Jam kerja Ramadhan diumumkan UEA.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 UEA Kurangi Jam Kerja Karyawan Selama Ramadhan Nanti. Foto:  Bulan Ramadhan (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
UEA Kurangi Jam Kerja Karyawan Selama Ramadhan Nanti. Foto: Bulan Ramadhan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,ABU DHABI -- Karyawan di seluruh Uni Emirat Arab (UEA) bisa mengharapkan jam kerja yang lebih pendek dengan dimulainya bulan puasa Ramadhan. Berdasarkan perkiraan, Ramadhan tahun ini akan dimulai pada 23 Maret.

“Jam kerja normal akan dikurangi dua jam selama bulan suci Ramadan,” bunyi UU Ketenagakerjaan UEA dikutip di Al Arabiya, Sabtu (11/2/2023). Aturan jam kerja yang dikurangi ini berlaku untuk semua karyawan, terlepas dari agama mereka atau apakah mereka berpuasa atau tidak.

Baca Juga

Lebih lanjut, dalam UU tersebut disampaikan setiap majikan yang gagal mengikuti aturan akan mendapatkan denda. Tidak hanya jam kerja, pada bulan ini durasi sekolah juga akan dikurangi.

Selama bulan suci, umat Islam di seluruh dunia berpuasa setiap hari selama 29 atau 30 hari, berdasarkan kalender lunar dan penampakan bulan. Orang yang tengah berpuasa ini tidak makan dan minum, dari waktu sholat subuh atau sesaat sebelum matahari terbit sampai matahari terbenam.

Sejauh ini, berdasarkan perhitungan dan prediksi yang ada, Ramadhan akan dimulai pada 23 Maret dean hari terakhir diperkirakan jatuh pada 20 April. Namun, waktu yang tepat untuk awal Ramadhan dan Idul Fitri akan dikonfirmasikan lebih lanjut oleh komite penampakan bulan.

Jika Idul Fitri tepat terjadi pada pada 21 April, ini berarti libur nasional akan diperingati selama akhir pekan empat hari di UEA, yaitu 21, 22, 23 dan 24 April.

Pada hari pertama bulan suci Ramadhan, penduduk UEA akan berpuasa lebih dari 13 jam, sesuai dengan waktu sholat yang dipublikasikan di situs web Otoritas Umum Urusan Islam dan Wakaf.

Shalat Subuh, yang menandai dimulainya puasa, pada pukul 05.02 waktu setempat. Sementara waktu shalat Maghrib terjadi pada pukul 18.35, menjadikan total waktu puasa 13 jam 33 menit.

Pada akhir bulan, durasi puasa di UEA akan sedikit meningkat menjadi 14 jam 16 menit, karena shalat Subuh pada pukul 04.31 dan Maghrib pada pukul 18.47.  

Sumber:

https://english.alarabiya.net/News/gulf/2023/02/10/Ramadan-2023-Reduced-working-hours-expected-for-UAE-employees

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement