Kamis 09 Feb 2023 10:25 WIB

12 Proyek Air Minum Bertenaga Surya Diluncurkan di 3 Wilayah Yaman

Fasilitas air minum disiapkan di Hadhramaut, Abyan dan Lahij, Taiz, dan Al Hodeidah.

Rep: Mabruroh/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi pembuatan sarana air minum di Yaman.
Foto: EPA-EFE/STRINGER
Ilustrasi pembuatan sarana air minum di Yaman.

REPUBLIKA.CO.ID, SANA’A — Sebanyak 12 proyek air minum bertenaga surya diluncurkan pada Rabu (8/2/2023) di kegubernuran Hadhramaut, Abyan, dan Lahij Yaman. Proyek-proyek tersebut dibangun untuk menyediakan akses ke air minum bersih dan terjangkau bagi warga setempat di gubernuran. 

Dilansir dari Saudi Gazette, Kamis (9/2/2023), Proyek pertama di Hadhramaut akan menyediakan akses ke air minum untuk 8.000 orang dari 58.000 penerima manfaat di 11 distrik dari tiga kegubernuran yang mendapat manfaat dari proyek tersebut.

Baca Juga

Proyek-proyek ini didanai oleh Program Saudi untuk Pembangunan dan Rekonstruksi Yaman (SDRPY), Program Teluk Arab untuk Pembangunan (AGFUND) dan Yayasan Selah untuk Pembangunan.

Usaha energi terbarukan bersama untuk meningkatkan kualitas hidup di Yaman juga mencakup rehabilitasi sumur melalui penerapan 12 sistem air minum dan 35 sistem irigasi pertanian dengan energi terbarukan.

Ini selain menyediakan energi untuk 20 fasilitas pendidikan dan kesehatan dan memasok 133 rumah dengan energi terbarukan.

Di bawah proyek tersebut, Fasilitas air minum akan disiapkan di Hadhramaut, Abyan dan Lahij, Taiz, dan Al Hodeidah, yang menguntungkan lebih dari 62 ribu orang.

Proyek ini juga mencakup kursus pelatihan untuk insinyur lapangan tentang tata surya yang mengoperasikan sumur air dan pengembangan kapasitas untuk teknisi lapangan.

SDRPY sejauh ini telah melaksanakan 224 proyek dan inisiatif pembangunan di seluruh Yaman yang mencakup tujuh sektor utama pendidikan, kesehatan, air, energi, transportasi, pertanian, perikanan, dan pengembangan kapasitas untuk lembaga pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement