Selasa 07 Feb 2023 21:48 WIB

Mendorong Digitalisasi UMKM di Nahdlatut Tujjar Fest

Nahdlatut Tujjar Fest menjadi salah satu rangkaian Peringatan Harlah satu abad NU

Rep: Muhyiddin/ Red: Gita Amanda
Warga NU yang menghadiri acara Resepsi Puncak Satu Abad NU mengunjungi booth Artha Graha Internasional di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (7/2/2023).
Foto: :Muhyiddin/Republika
Warga NU yang menghadiri acara Resepsi Puncak Satu Abad NU mengunjungi booth Artha Graha Internasional di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (7/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Nahdlatut Tujjar Fest menjadi salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang digelar pada 1-7 Februari 2023 di Sidoarjo. Dalam pameran ini, beberapa perusahaan mendorong proses digitalisasi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Di antaranya adalah Bank Artha Graha Internasional.

"Kami dari Bank Artha Graha mendukung sepenuhnya terutama untuk digitalisasi UMKM. Kami menyediakan sistem pembayaran secara digital. Jadi para jamaah yang datang dia bisa melakukan transaksi pembayaran secara cashless," ujar Direktur Bank Artha Graha Internasional, Indrastomo Nugroho saat ditemui Republika di booth Bank Artha Graha, Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (7/2/2023).

Baca Juga

Di samping itu, lanjut dia, dengan aplikasi digital AGI yang telah diluncurkan Bank Artha Graha Internasional, para jamaah juga bisa mendownload dan melakukan aktivasi dan dalam waktu yang singkat. "Kemudian mereka dapat melakukan transaksi pembayaran secara cashless tersebut," ucap Indras.

"Bahkan, di beberapa merchant UMKM kita juga berikan cashback atau diskon-diskon khusus bagi  mereka yang melakukan pembayaran melalui AGI dan melalui QRIS Bank Artha Graha Internasional.

Menurut dia, Bank Artha Graha ingin memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi, khususnya saat melakukan pembayaran. Dengan menggunakan aplikasi AGI, pengguna mendapatkan kemudahan bertransaksi seperti scan QRIS tanpa log in, top up e-wallet, pembayaran tagihan listrik air dan juga pembelian paket dan pulsa telepon.

"Banyak kemudahannya, terutama untuk pembayaran, karena kalau pakai uang tunai nanti repot kembaliannya. Kalau ini kan dia tinggal scan bayar pakai QRIS lewat aplikasi AGI kita, transaksi langsung berjalan," kata Indras.

Dalam Nahdlatut Tujjar Fest ini, menurut dia, masyarakat juga sangat antusias untuk mengetahui tentang digitalisasi yang dilakukan Bank Artha Graha Internasional.

"Antusiasmenya sangat tinggi. Kita lihat pengunjungnya mungkin lebih dari sejuta, padat sekali. Bahkan, kita juga gerakkan dari tim Surabaya kita untuk melakukan sosialiasi, melakukan aktiviasi, antusiasmenya cukup tinggi, baik dari merchant-merchant UMKM yang ada di sini maupun dari jamaah yang datang untuk mendownload AGI digital Apps kita ini," jelas Indras.

Aplikasi AGI sendiri merupakan wajah baru digital apps milik Bank Artha Graha Internasional. Hingga saat ini, aplikasi ini telah didownload hingga 100 ribu kali di aplikasi Playstore. "Sedangkan kalau merchant-nya kan total merchant kurang lebih hampir 300-an. Itu sudah sebagian besar pakai QRIS Merchant kita sih," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement