Ahad 05 Feb 2023 18:18 WIB

Studi Banding ke 6 Masjid di Madinah, DMI Sulteng Tekankan Kunci Utama Pemberdayaan Masjid

DMI Sulteng mengajak umat memaksimalkan fungsi dan peran masjid

Logo DMI. DMI Sulteng mengajak umat memaksimalkan fungsi dan peran masjid
Foto: dmi.or.id
Logo DMI. DMI Sulteng mengajak umat memaksimalkan fungsi dan peran masjid

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH— Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mempelajari pengembangan fungsi enam masjid di Madinah, Arab Saudi, untuk diimplementasikan di Sulteng.

"Iya, studi banding ke enam masjid ini untuk melihat sistematika pengelolaan dan pengembangan fungsi masjid," kata Sekretaris Umum PW DMI Sulteng Muchtar Ibnu Masud, di Madinah, Arab Saudi, Ahad (5/2/2023).

Baca Juga

Enam masjid yang menjadi sasaran studi banding meliputi Masjid Ijabah, Masjid Bilal Bin Rabbah, Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Masjid Sab'ah, dan Masjid Nabawi.

Pengelolaan enam masjid tersebut, kata Muchtar, perlu dipelajari pengurus PW DMI Sulteng untuk menopang implementasi program pengembangan fungsi masjid.

Dia mengatakan bahwa PW DMI Sulteng memiliki program pengembangan fungsi masjid yaitu, masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, melainkan sebagai tempat pendidikan dan pemberdayaan ekonomi yang disinergikan dengan konsep destinasi wisata religi.

"Pengembangan fungsi masjid, bukan menghilangkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah. Ini harus dipahami. DMI tidak menghilangkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah," ujarnya.

Dia menjelaskan, pengembangan fungsi masjid yaitu, masjid selain menjadi tempat ibadah (sholat dan berzikir), juga dapat dijadikan sebagai tempat belajar dan mengajar tentang keislaman yang di dalamnya antara lain tentang sejarah peradaban Islam, perbandingan mazhab, aqidah, baca dan tulis Alquran, fikih, akhlak. "Itu cakupan pengembangan fungsi masjid pada aspek pendidikan," sebutnya.

Sementara pada aspek pemberdayaan ekonomi, kata dia, PW DMI Sulteng mendorong pemanfaatan lahan pekarangan/halaman masjid sebagai tempat jual beli.

Baca juga: 4 Sosok Wanita yang Bisa Mengantarkan Seorang Mukmin ke Surga, Siapa Saja?  

"DMI Sulteng lewat kepemimpinan Ketua Ahmad M Ali menggagas program Masjid Mart atau pasar masjid," ungkapnya.

Program Masjid Mart digagas DMI Sulteng karena melihat adanya potensi yaitu banyaknya masjid dan umat Islam di berbagai pelosok wilayah.

Masjid Mart didorong oleh PW DMI Sulteng di beberapa kecamatan untuk menyediakankebutuhan umat serta untuk peningkatan kesejahteraan imam masjid dan pegawai syara, serta untuk kemakmuran masjid.     

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement