Senin 30 Jan 2023 16:12 WIB

DMI Palu: Masjid Menjadi Tempat Penyebaran Pesan Damai

Fokus DMI yaitu menjadikan masjid sebagai tempat penyebaran pesan menyejukkan.

Ilustrasi kegiatan Masjid Jogokaryan Yogyakarta.
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Ilustrasi kegiatan Masjid Jogokaryan Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Ketua Pengurus Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Palu, Sirajuddin Ramli menyatakan, masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, juga menjadi tempat penyebaran pesan - pesan perdamaian yang memperkuat persatuan dan kesatuan umat.

"Ini yang menjadi salah satu fokus DMI di Kota Palu, dalam rangka memperkuat persatuan," ucap Sirajuddin terkait dengan pelantikan pengurus cabang DMI delapan kecamatan se-Kota Palu, Sulawesi Tengah, Ahad (29/1/2023).

Baca Juga

Sirajuddin melantik pengurus cabang DMI untuk delapan kecamatan, meliputi DMI Kecamatan Palu Selatan, Palu Barat, Palu Timur, Palu Utara, Tawaeli, Mantikulore, Ulujadi dan Tatanga.

Dalam pelantikan tersebut, Sirajuddin mengatakan kepada pengurus bahwa salah satu fokus DMI yaitu menjadikan masjid sebagai tempat penyebaran pesan - pesan yang menyejukkan umat, untuk menguatkan persaudaraan umat.

"Kita harus jadikan masjid untuk menebarkan kedamaian dan kebahagiaan," ujarnya.

Persiapan Ramadhan

Ia juga mengatakan bahwa dalam beberapa waktu ke depan, umat Islam akan memasuki bulan Ramadhan. Maka, kata dia, momentum Ramadhan dimanfaatkan oleh DMI untuk menyebarluaskan Islam rahmatan lilalamin berbasis masjid.

Di samping itu, ujar dia, kegiatan edukasi mengenai akhlak, fiqih, alquran, keislaman dan keagamaan, harus dioptimalkan di setiap masjid di bulan Ramadhan.

"Sehingga benar - benar terlihat ada aktivitas kegiatan positif dalam bulan Ramadhan yang dilakukan DMI, yang tidak lain untuk mewujudkan visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid," ungkap dia.

"Tinggal satu bulan lebih kita memasuki Ramadhan, mari kita semarakkan masjid dengan kegiatan ibadah seperti tadarus, shalat tarawih dan kegiatan manfaat lainnya," sebutnya.

Oleh karena itu, ujar dia, pelantikan pengurus DMI tingkat kecamatan yang merupakan bentuk konsolidasi penguatan struktur organisasi, menjadi satu upaya demi melancarkan implementasi program kegiatan tersebut.

"Olehnya setelah pelantikan ini, kami menindaklanjuti dengan mengagendakan rapat kerja daerah guna membahas program - program strategis DMI, yang selaras dengan program DMI Pusat dan DMI Provinsi Sulteng," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement