Jumat 27 Jan 2023 13:30 WIB

Gandeng Dompet Dhuafa, Senam Tera Indonesia Salurkan Donasi Kemanusiaan untuk Cianjur

Bantuan dari STI untuk membantu pemulihan warga Cianjur yang menjadi korban gempa

Penyerahan donasi kemanusiaan STI untuk korban gempa Cianjur, bertempat di Kantor Dompet Dhuafa, Gedung Philantrophy Warung Jati Barat Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta, Pada Rabu (26/1/2023).
Foto: Dompet Dhuafa
Penyerahan donasi kemanusiaan STI untuk korban gempa Cianjur, bertempat di Kantor Dompet Dhuafa, Gedung Philantrophy Warung Jati Barat Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta, Pada Rabu (26/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bantuan terus mengalir kepada korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Kali ini, giliran Senam Tera Indonesia (STI) yang berkolaborasi bersama Dompet Dhuafa menyalurkan donasi kemanusiaan untuk membantu pemulihan  warga Cianjur yang menjadi korban gempa bumi dengan kekuatan 5,6 SR.

Penyerahan donasi kemanusiaan  bertempat di Kantor Dompet Dhuafa, Gedung Philantrophy Warung Jati Barat Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta, Pada Rabu (26/1/2023). Penyerahan tersebut perwakilan Senam Tera Indonesia turut hadir Juniwati T Masjchun Sofwan selaku Ketua Harian Senam Tera Indonesia (STI), Norma Riana Nono Sampono (ketua Tera Peduli), Jenny Sudaryanto (Ketua Bidang kerja sama antar Lembaga), Budi Wahab Santoso (Wakil Ketua Litbang).

Baca Juga

“Terima kasih kepada Senam Tera Indonesia yang telah mempercayai Dompet Dhuafa sebagai tempat penyaluran donasi kemanusiaan untuk pemulihan warga Cianjur yang terdampak gempa. Semoga kedepannya banyak program yang akan dikolaborasikan untuk membantu mengangkat martabat kaum dhuafa di Indonesia,” ujar Ustaz Ahmad Shonhaji selaku Direktur BDLM & Pengembangan Wakaf Dompet Dhuafa, dalam siaran persnya, Jumat (27/1/2023).

photo
Penyerahan donasi kemanusiaan STI untuk korban gempa Cianjur, bertempat di Kantor Dompet Dhuafa, Gedung Philantrophy Warung Jati Barat Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta, Pada Rabu (26/1/2023). - (Dompet Dhuafa)

 

Perwakilan Senam Tera Indonesia disambut oleh pihak Dompet Dhuafa yang dihadir Direktur BDLM & Pengembangan Wakaf Dompet Dhuafa ust. Ahmad Shonhaji, dr. Ririn, selaku konsultan pos sehat lansia Dompet Dhuafa, Sifing Lestari selaku Senior Officer Edukasi dan Promosi Kesehatan Dompet Dhuafa dan Dian Mulyadi Selaku General Manager Communication & Corporate Secretary Dompet Dhuafa.

Dalam penanganan bencana seperti di Cianjur, saat ini, Dompet Dhuafa banyak menjalin sinergi dengan masyarakat. Uluran tangan dari berbagai pihak dirasa perlu untuk mempercepat proses pemulihan bencana gempa Cianjur. Dompet Dhuafa berupaya merencanakan program dengan sistematika tersusun yang bisa dimengerti antarlembaga. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dan membuka kolaborasi pengembangan program secara lebih luas.

“Senam Tera merupakan senam persendian dan senam pernafasan yang diadopsi dari Senam Tai Chi yang berasal dari negeri Cina. Kata Tera sendiri berasal dari kata terapi yang berarti olah raga yang berfungsi sebagai terapi atau pengobatan. Senam yang dilakukan dengan baik dan benar akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar serta membuat jiwa menjadi tenteram dan indah. Semoga apa yang kita lakukan ini dapat memberikan manfaat untuk warga cianjur yang terdampak gempa,” ucap Juniwati T Masjchun Sofwan selaku Ketua Harian Senam Tera Indonesia (STI).

Hingga kini Dompet Dhuafa melalui Respon Darurat Kesehatan (RDK) LKC Dompet Dhuafa dan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa telah melakukan berbagai layanan. Mulai dari layanan SAR-Evakuasi, Layanan Kesehatan (Medis, Corner Gizi, Pemulasaran Barzah, Bersih itu Sehat, dan Terapi Pijat), Layanan Pengungsian (Dapur Keliling, Dapur Umum, dan Distribusi), Layanan Logistik (Distribusi Logistik Permakanan dan Non-Permakanan), Layanan Psychological (Psychological First Aid, Pusat Belajar Mengaji Gembira, dan Taman Ceria), dan Pemulihan Dini (Mushola, Amben, Pipanisasi dan MCK).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement