Selasa 10 Jan 2023 16:38 WIB

Viral Video Perjodohan Massal di Pesantren Ciamis, Ini Penjelasan Ponpes

Tradisi itu disebut telah menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Pondok Pesantren. Viral Video Perjodohan Massal di Pesantren Ciamis, Ini Penjelasan Ponpes
Foto:

Baru setelah itu, pesantren akan mengagendakan prosesi khitbah massal. Dalam kegiatan itu, kedua belah pihak dipanggil, termasuk orang tua mereka.

Kiai Nonop menambahkan, setelah itu akan ditentukan waktu pernikahan di pondok. Tujuannya tak lain untuk syiar pondok pesantren dan meringankan pembiayaan. 

"Kalau di pondok kan acara bisa ramai dan para dewan guru bisa seluruhnya hadir dan mendoakan. Jadi untuk meringankan pembiayaan, efektivitas waktu, sudah jadi agenda tahunan dinikahkan di pondok," ujar dia.

Setelah menikah, para santri itu akan pulang untuk sementara waktu. Mereka akan kembali dipanggil lagi ke pondok untuk persiapan menyebarluaskan ilmu yang sudah diatur sejak jauh hari.

Kiai Nonop mengatakan tak menjodohkan semua santri dewasa. Sebab, pada akhirnya guru dan orang tua akan menerima para santri berjodoh dengan siapa.

"Jadi bukan pengulangan kisah Siti Nurbaya. Bukan. Mereka sudah dewasa dan sudah lama pengabdian di pondok. Mereka sudah ustadz dan ustadzah," kata dia.

Berdasarkan hasil evaluasi pesantren, selama ini tak ada masalah terkait kegiatan itu. Para santri yang telah menikah disebut menjalani rumah tangga yang harmonis. 

Pihak pesantren juga aka terus melakukan kegiatan ini. "Kan tidak ada yang dilanggar dari hukum agama maupun negara. Itu juga bukan sistem kocokan," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement