Senin 09 Jan 2023 16:21 WIB

Masjid Farooq E Azam di Inggris Gelar Adzan Pertama di Luar Ruangan

Anggota komunitas Muslim mendapat bantuan dari dewan lokal untuk izinnya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Farooq E Azam di Inggris Gelar Adzan Pertama di Luar Ruangan
Foto: AP/Matthias Schrader
Masjid Farooq E Azam di Inggris Gelar Adzan Pertama di Luar Ruangan

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ratusan orang berkumpul di sebuah masjid lokal di Stockton-on-Tees, Inggris bagian Timur Laut, untuk merayakan adzan di luar ruangan pertama.

Masjid Farooq E Azam di Bowesfield Lane di Stockton menjadi masjid pertama di Timur Laut Inggris yang melantunkan adzan dari atapnya selama karantina karena pandemi.

Baca Juga

Dilaporkan Gazette Live, masyarakat berkumpul untuk mengadakan adzan di luar ruangan setiap Jumat. Anggota komunitas Muslim mendapat bantuan dari dewan lokal untuk memberikan izin yang diperlukan. 

"Kami ingin berterima kasih kepada dewan dan orang-orang yang mendukung untuk membiarkan ini berlanjut. Terima kasih khusus kepada anggota dewan Louise Baldock dan anggota dewan Mohammed Javed,” kata Ketua Masjid, Tariq Sadiq kepada sekitar 1.000 orang yang berkumpul pada Jumat lalu, dilansir dari About Islam, Senin (9/1/2023).

Wakil ketua Sufi Mubeen menambahkan, dukungan adzan di luar ruangan menyebarkan pesan bahwa Teesside bukanlah tempat untuk rasialisme. Stockton-on-Tees adalah kota pasar di County Durham, Inggris.

Kota ini terletak di sisi utara Sungai Tees dan merupakan tempat tinggal terbesar di daerah Stockton-on-Tees. Kota ini memiliki penduduk sekitar 85 ribu orang dan memiliki sejarah yang panjang yang berasal dari zaman Romawi. Ini terletak di daerah Tees Valley, yang merupakan rumah bagi banyak perusahaan industri dan manufaktur.

Kota Stockton-on-Tees juga merupakan rumah bagi beberapa sekolah, toko, dan fasilitas rekreasi. Stockton-on-Tees merupakan tempat yang populer bagi para turis, yang datang untuk mengunjungi monumen bersejarahnya dan menikmati budaya setempat dan keindahan alam di area tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement