Rabu 04 Jan 2023 05:25 WIB

Al-Fatihah Giring Sang Ateis Stijn Ledegen Jadi Mualaf: Islam Agama Paling Murni

Mualaf Stijn Ledegen terpukau dengan makna dari surat Al-Fatihah

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Nashih Nashrullah
Stijn Ledegen. Mualaf Stijn Ledegen terpukau dengan makna dari surat Al-Fatihah
Foto:

Stijn tidak seketika terkesima dengan pemandangan tersebut. Ia masih menyimpan antipati pada agama-agama, termasuk Islam. Hingga pada suatu hari, seorang kawannya yang Muslim mengajaknya untuk menerima "tantangan".

Berawal dari Al-Fatihah

Temannya itu, sebut saja Ahmad, mengerti perihal perjalanan hidupnya. Stijn Ledegen yang semula dididik di tengah keluarga ateis sempat kemudian memutuskan untuk beragama. Namun, dirinya kembali meninggalkan kepercayaan karena merasa tidak menemukan jawaban yang memuaskan.

Ahmad tidak menghakiminya, tetapi mengajaknya untuk tidak melakukan generalisasi. "Bagaimana dengan Islam? Tidakkah kamu tertarik untuk mengenalnya? katanya suatu hari, aku menantangmu untuk melihat secara dekat agama ini dan mereka yang mengimaninya. Bagaimana caranya?" tanya Stijn. "Datanglah ke masjid mana pun yang kamu mau. Lalu, rasakan atmosfer di dalamnya. Sesudah itu, ceritakan kepadaku."

Setelah beberapa hari menimbang-nimbang, Stijn akhirnya menerima tantangan itu. Namun, hal itu dilakukannya dengan niat untuk membuktikan anggapannya atau, lebih tepatnya, stigma yang diceritakan ayahnya dahulu.

Yakni, bahwa Islam adalah agama asing (Arab), lekat dengan terorisme, dan sebagainya. Stijn keesokan harinya, pada petang, mendatangi sebuah masjid. Begitu berada di dalamnya, ia menyalakan kamera ponsel dan memfoto-foto.

Benda itu langsung dimasukkannya ke dalam saku begitu melihat jamaah mulai memasuki masjid, guna mendirikan shalat.

Stijn duduk di belakang. Ia terus menunggu hingga jamaah selesai beribadah, dan sebagian besar dari mereka pulang. Kemudian, ia pun lanjut mengambil gambar. Stijn terkejut.

Tiba-tiba, pundaknya ditepuk seseorang. Saat ia menoleh, tampaklah seorang pria berkulit cokelat dengan penampilan yang baginya saat itu mirip simpatisan Alqaidah, yang pernah dilihatnya melalui TV. "Tamatlah sudah riwayatku. Dia pasti akan menghajar atau mengusirku," kata orang Belgia itu membatin.

Ternyata, Muslim berjanggut lebat itu menepuk bahunya sembari mengucapkan, "Assalamualaikum". Kemudian, pria itu menyapanya dengan ramah dan bahkan memanggilnya saudara. "Apa yang bisa kubantu untukmu, Brother?"

Stijn berusaha kalem. Keduanya lalu mengobrol kira-kira setengah jam. Yang dibicarakan seputar dirinya sebagai seorang mahasiswa asal Belgia yang sedang bersekolah di Turki. Kemudian, azan Isya berkumandang. Lelaki Muslim itu pamit untuk mendirikan shalat.

"Engkau bisa duduk di dalam perpustakaan masjid ini jika engkau mau. Letaknya ada di sebelah luar tembok ini," kata pria berjanggut itu menunjukkan arah.

Rasanya tidak sopan bila langsung meninggalkan masjid ketika itu. Stijn pun berjalan ke arah perpustakaan masjid. Ada banyak bacaan di sana. Secara acak, ia mengambil sebuah buku.

Ternyata, itu adalah mushaf Alquran plus terjemahannya. Ia membuka beberapa lembar pertama. Pandangan matanya terpaku pada al- Fatihah. Pelan-pelan, dibacanya terjemahan surah itu, ayat per ayat. Tanpa terasa olehnya, air mata menetes dan membasahi pipinya. Ateis tersebut merasa amat terharu.

Begitu kembali ke indekosnya, ia terus memikirkan kata-kata yang baru saja dibacanya. Semalaman ia tidak bisa tidur. Keesokan paginya, Stijn berjalan menuju taman kota dengan pikiran dan hati yang galau.

Saat duduk di bangku taman, entah mengapa ia tertarik pada pancaran sinar matahari yang hangat pagi itu. Pohon-pohon, tanaman, jalan, tanah, dan orangorang semuanya menerima hangatnya matahari. Aneh, Stijn merasa dirinya tidak tercerahkan. "Aku pun berpikir, sinar matahari yang hangat ini seperti cahaya dari Tuhan. Aku tidak bisa menikmatinya karena hatiku dingin," katanya mengenang.

Alih-alih menemui teman yang telah menantangnya, Stijn pergi ke masjid yang dikunjunginya beberapa hari silam. Ia kemudian menyampaikan kepada imam setempat perihal keinginannya berislam. Imam tersebut lalu menerimanya dengan baik, kemudian membimbingnya bersyahadat. Sejak itulah, pria Belgia ini resmi menjadi Muslim.

"Islam, menurut saya, adalah agama yang paling murni. Islam mengajarkan tauhid. Bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan, dan Dia berbeda daripada makhluk. Ini sangat masuk akal," ujarnya kepada pewarta Towards Eternity.

Baca juga: Islam akan Jadi Agama Mayoritas di 13 Negara Eropa pada 2085, Ini Daftarnya 

Keesokan harinya, Stijn menelepon ibundanya untuk memberitahukan tentang keislamannya. Wanita itu terkejut, tetapi tidak mempersoalkan pilihan hidupnya. Bagaimanapun, ia baru berani menyampaikan informasi ini kepada ayahnya beberapa bulan kemudian.

Ketika masa liburan, dirinya kembali ke Brussels. Saat itulah, di hadapan ayah dan ibunya, Stijn menyatakan tentang keislamannya. Bapaknya tidak bisa menerima, bahkan mencaci-makinya. Sempat terucap bahwa lelaki ateis ini tidak mau lagi berbicara dengan anaknya tersebut.

Langsung saja istrinya berkata, "Kalau kau tidak mau bicara lagi dengan Stijn, anakmu, aku pun mulai sekarang tidak mau bicara denganmu!" Suasana hari itu sempat tegang. Bagaimanapun, seiring berjalannya waktu komunikasi di antara anggota keluarga ini sudah seperti sedia kala. Menurut Stijn, kini ayahnya sudah menerima dengan lapang dada keputusannya berislam.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement