Senin 02 Jan 2023 04:25 WIB

Doa Akhir Tahun, Arab, Latin, dan Artinya, Agar Dapat Ampunan dari Allah

Di antara amal yang sangat baik adalah memanjatkan doa akhir tahun dan awal tahun.

Doa Akhir Tahun. Umat Muslim dianjurkan tidak ikut merayakan perayaan pergantian tahun dan lebih dianjurkan membaca doa akhir tahun.
Foto: Republika.co.id
Doa Akhir Tahun. Umat Muslim dianjurkan tidak ikut merayakan perayaan pergantian tahun dan lebih dianjurkan membaca doa akhir tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun baru saja berganti dari 2022 ke 2023, sejumlah ulama mengajarkan saat pergantian tahun hendaknya diisi dengan berbagai aktivitas kebaikan, seperti memperbanyak berdzikir, bertadarus, berdoa, serta memperbanyak puasa sunah di bulan Muharam. Meski tidak merayakan pergantian tahun, di antara amal yang sangat baik dan dianjurkan adalah memanjatkan doa akhir tahun dan doa awal tahun.

Daripada melakukan hal yang sia-sia dengan ikut-ikutan merayakan malam pergantian tahun, lebih baik memanjatkan doa agar tahun berikutnya mendapatkan ridho dari Allah.

Doa akhir tahun

  اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

“Allahumma ma amiltu min ‘amalin fi hadzihis sanati ma nahatani anhu walam atub minhu wa halamtu fiha alayya fiha bifadhlika ba’da qudratika ala ‘uqubati wa da’autani ilat taubati min ba’di jara’ati ala ma’shiyatika fa innis taghfartuka faghfirli wa ma amiltu fiha mimma tardho wa wa’adtani alahits tsawaba fas aluka an tataqabbala minni wala taqhta’ rajai minka ya karim.”

Artinya: Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Mahapemurah.

Setelah selesai membaca doa akhir tahun, dilanjutkan dengan membaca doa awal tahun. Saat berdoa kita sembari berharap agar Allah SWT melimpahkan rahmat, perlindungan, keselamatan, kesehatan, rezeki dan husnul khatimah.

Doa Awal Tahun

   اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

“Allahumma antal abadiyyul qadimul awwalu wa’ala fadhilikal adzhimi wa karimi judikal mu’awwalu, wa hadza ‘amun jadidun qad aqbala, asalukal ‘ishmata fihi minasy syaithani wa awliyaihi, wal ‘auna ‘ala hadzihinnafsil ammarati bis su’i, wal isystighali bima yuqarribuni ilaika zulfa ya dzal jalali wal ikrami

Tuhanku, Kau Yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.     

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement