Rabu 21 Dec 2022 17:00 WIB

Kembalinya Pasar Makkah dengan Kedatangan Jamaah Umroh

Jamaah umroh hidupkan kembali pasar Makkah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
  Kembalinya Pasar Makkah dengan Kedatangan Jamaah Umroh. Foto:  Pedagang kurma di Pasar Induk Buah Kakiyah, Makkah, Ahad (7/10).   (Heri Ruslan/Republika)
Kembalinya Pasar Makkah dengan Kedatangan Jamaah Umroh. Foto: Pedagang kurma di Pasar Induk Buah Kakiyah, Makkah, Ahad (7/10). (Heri Ruslan/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH --  Masuknya peziarah umroh ke Arab Saudi telah memainkan peran penting dalam menghidupkan kembali sektor hotel dan apartemen hotel berperabotan di Makkah. Jumlah hotel dan apartemen hotel melebihi 200 di distrik pusat.

Dilansir di Saudi Gazette, Rabu (21/12/2022), tidak hanya mempengaruhi tingkat okupasi di hotel, geliat aktif uni juga dirasakan di restoran, transportasi, pasar dan pusat komersial setempat.

Baca Juga

Pasar-pasar di sekitaran Kota Suci Makkah disebut kini menjadi saksi pergerakan ekonomi yang dinamis, seiring dengan peningkatan jumlah jamaah umroh.

Pakaian siap pakai menjadi barang paling banyak diminati pembeli, selain oleh-oleh dan air zamzam. Tidak sedikit jamaah umroh yang rajin membeli pakaian Arab siap pakai, seperti garmen, gamis dan pakaian anak-anak.

 

Sebelumnya diberitakan Arab Saudi mengumumkan telah mengeluarkan 4 juta visa umrah dalam lima bulan terakhir. Visa ini dikeluarkan untuk jamaah yang datang dari seluruh dunia, sejak dimulainya musim umroh tahun 2022.

Tingginya jumlah visa umrah ini disebut bisa terwujud melalui upaya Kementerian Haji, yang terus memfasilitasi proses kedatangan melalui sarana elektronik. Mereka melakukan kerja sama dengan beberapa departemen dan lembaga, yang bekerja dalam sistem haji dan umroh. 

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/628170/SAUDI-ARABIA/Umrah-pilgrim-influx-revives-Makkah-markets

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement