Selasa 13 Dec 2022 14:42 WIB

Kelompok Muslim Nigeria Luncurkan Dana untuk Anak Yatim

Kelompok ini juga akan meluncurkan dana khusus.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Salah satu masjid nasional Nigeria, Abuja
Salah satu masjid nasional Nigeria, Abuja

REPUBLIKA.CO.ID,ABUJA -- Sebuah kelompok Muslim perintis di Nigeria, Fityanul Islam (FIN), berencana akan meluncurkan dana yang diperuntukkan bagi ribuan anak yatim piatu. Mereka merupakan anak-anak yang kehilangan orang tuanya dalam berbagai serangan teroris di seluruh negeri.

Rencana tersebut diungkapkan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Perhimpunan, Dr Musa Muhammad Imam, yang juga Ketua Panitia Nasional, dalam keterangannya, Ahad (11/12/2022) lalu.

Baca Juga

Menurutnya, kelompok ini juga akan meluncurkan dana khusus, yang hasilnya akan digunakan untuk membangun sebuah panti asuhan dan pusat keterampilan di Zaria, Negara Bagian Kaduna. Panti ini akan dinamai sama dengan pemimpin Islam yang terhormat, mendiang Sheikh Ibrahim Inyass.

Dilansir di Daily Nigerian, Selasa (13/12/2022), Imam mengatakan kegiatan peluncuran, yang merupakan bagian dari rapat umum tahunan asosiasi, akan berlangsung di ruang konferensi Komisi Universitas Nasional, NUC, di Abuja.

Tidak hanya itu, ia juga mengatakan nantinya pemilihan dewan eksekutif nasional asosiasi juga akan diadakan pada hari berikutnya.

Presiden Muhammadu Buhari disebut akan menghadiri acara tersebut sebagai tamu kehormatan khusus. Sementara calon wakil presiden APC dalam pemilu 2023, Kashim Shettima, akan menjadi ketua acara tersebut.

Lebih lanjut, Wakil Sekjen mengatakan calon presiden dari APC, Bola Tinubu, telah dijadwalkan sebagai ketua peluncur kegiatan. Sedangkan Imam Besar Masjid Negara, Prof Ibrahim Maqari, akan menjadi narasumber.

Dia menambahkan, Sultan Sokoto Sa'ad Abubakar III akan menjabat sebagai bapak kerajaan hari itu. Sedangkan bapak spiritual hari itu adalah Syekh Dahiru Usman Bauchi dan Syekh Sharif Ibrahim Saleh.

Dalam pernyataan yang sama, ia juga mengatakan tuan rumah utama adalah Menteri Wilayah Ibu Kota Federal, Muhammad Musa-Bello, yang akan diwakili oleh Senator Abu Ibrahim dan calon gubernur APC di Negara Bagian Kaduna, Senator Uba Sani.

Imam mengatakan dia berharap umat Muslim akan menghargai kesempatan ini secara massal, mengingat tujuan dan manfaatnya yang luar biasa.  

Sumber:

https://dailynigerian.com/fityanul-islam-launch-fund/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement