Ahad 04 Dec 2022 03:35 WIB

Pentingnya Mentor Bagi Seorang Mualaf

Mentor yang baik mengajari mualaf secara bertahap dan membuat belajar terasa mudah.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi pengucapan dua kalimat syahadat menjadi Muslim. Pentingnya Mentor Bagi Seorang Mualaf
Foto:

Konteks hadits tepercaya ini adalah dimana Nabi Muhammad SAW sebenarnya berbicara tentang cara memperlakukan dan mengajar serta bersikap lemah lembut kepada orang-orang yang bersiap-siap memeluk Islam.

Muslim baru datang dari perubahan besar. Mereka mungkin harus melepaskan hal-hal yang telah mereka lakukan sepanjang hidup mereka dan sekarang mereka telah berubah sehingga mereka membutuhkan pengetahuan. Pada tahap pertama belajar tentang Islam, Anda mungkin merasa tersesat dan mungkin tidak tahu langkah apa yang harus diambil selanjutnya. Jadi, Anda membutuhkan bantuan dari mentor dan Anda perlu mengetahui dan memahami hal-hal secara mendalam dan benar.

Pernahkah Anda merasa seperti orang asing setelah menjadi Muslim? Anda bisa berada di sekitar begitu banyak orang, tetapi Anda merasa terisolasi meskipun Anda bersama banyak orang?

Sangat umum bagi Muslim baru untuk mengalami keanehan dan keterasingan ini. Diasingkan bukan berarti ada masalah, Allah tidak meninggalkanmu, tapi mungkin kamu harus meninggalkan orang dan kembali kepada Allah terlebih dahulu.

Menyendiri untuk sementara waktu baik untuk Anda. Allah ingin Anda kembali kepada-Nya. Ketika kita melihat perjalanan Nabi Muhammad, dia menyendiri untuk merenung.

Cari mentor yang tepat

Anda harus mencari mentor yang baik, yang membuat belajar tentang Islam mudah bagi Anda. Mentor yang tepat adalah yang mengikuti sunnah, mengajari Anda dengan lembut dan bertahap, langkah demi langkah, dan tidak mendorong Anda keluar dari zona nyaman Anda.

Jika dia membuat Anda merasa Anda bukan Muslim yang cukup baik, ini bukan mentor untuk Anda. Anda membutuhkan seorang mentor tetapi bukan sembarang mentor. Anda membutuhkan mentor yang dapat terhubung dengan Anda dan Anda tetap terhubung seumur hidup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement