Rabu 30 Nov 2022 07:02 WIB

Populasi Muslim di Inggris dan Wales Meningkat 1,2 Juta Orang

London adalah tempat dengan konsentrasi umat Islam tertinggi.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Orang-orang Shalat di Masjid London Timur & Pusat Muslim London di London timur, Inggris, Rabu (14/4). Populasi Muslim di Inggris dan Wales Meningkat 1,2 Juta Orang
Foto: Harun Chown / PA melalui AP
Orang-orang Shalat di Masjid London Timur & Pusat Muslim London di London timur, Inggris, Rabu (14/4). Populasi Muslim di Inggris dan Wales Meningkat 1,2 Juta Orang

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah sensus tentang populasi umat beragama di Inggris dan Wales yang baru dirilis menunjukan adanya peningkatan populasi Muslim di dua negara itu. Seperti dilansir 5Pillars, Rabu (30/11/2022), sensus itu menunjukkan sekarang ada 3,9 juta Muslim di Inggris dan Wales. Itu berarti populasi Muslim di dua negara itu meningkat 1,2 juta orang selama dekade terakhir.

Data ini berarti menunjukan sekarang ada sekitar empat juta Muslim yang tinggal di Inggris jika populasi Muslim di Skotlandia dan Irlandia Utara juga diperhitungkan. Data Kantor Statistik Nasional menunjukkan ada 3,9 juta orang yang menggambarkan diri mereka sebagai Muslim pada 2021.

Baca Juga

Ini setara dengan 6,5 persen dari populasi Inggris dan Wales. Ini naik dari 2,7 juta Muslim yang tinggal di Inggris dan Wales pada 2011, yang setara dengan 4,9 persen dari populasi.

London adalah tempat dengan konsentrasi umat Islam tertinggi. Lima belas persen warga London menggambarkan diri mereka sebagai Muslim atau naik dari 12,6 persen pada 2021. Ini berarti ada lebih dari 1,3 juta Muslim yang tinggal di London saja.

 

Seperti pada 2011, wilayah dengan persentase penduduk tertinggi yang menggambarkan diri mereka sebagai Muslim adalah area Tower Hamlets (39,9 persen, naik dari 38,0 persen pada 2011). Area lain dengan persentase tinggi orang yang merespons sebagai Muslim termasuk Blackburn dengan Darwen (35,0 persen) dan Newham (34,8 persen).

Data sensus tentang agama juga dengan jelas menunjukkan umat Kristen Inggris dan Wales berkurang terlebih dengan semakin banyak orang meninggalkan agama sama sekali. Kurang dari separuh populasi (46,2 persen atau 27,5 juta orang) menggambarkan diri mereka sebagai Kristen. Ini terjadi penurunan 13,1 poin persentase dari 59,3 persen (33,3 juta) pada 2011.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement