Senin 14 Nov 2022 19:30 WIB

Hasil Pemilu Sela AS Catatkan Rekor Jumlah Muslim yang Terpilih

Kemenangan ini merupakan bukti kebangkitan komunitas Muslim dalam politik AS.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Orang Amerika Somalia lainnya yang menjadi wanita Muslim pertama di legislatif negara bagiannya adalah Munira Abdullahi yang berusia 26 tahun di Ohio. Hasil Pemilu Sela AS Catatkan Rekor Jumlah Muslim yang Terpilih
Foto:

Muslim Amerika mencetak sejarah

Dengan pemilihan tersebut, Majelis Umum Illinois menyambut anggota Muslim Amerika pertamanya, Nabeela Syed yang berusia 23 tahun dan Abdelnasser Rashid yang berusia 33 tahun. Salman Bhojani dan Suleman Lalani menjadi Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota legislatif Texas.

Di Georgia, empat Muslim Amerika terpilih, termasuk Ruwa Romman dari Palestina, yang merupakan wanita Muslim pertama yang menjadi perwakilan di State House. Sedangkan Nabilah Islam Amerika Bangladesh yang merupakan wanita Muslim pertama dan wanita Asia Selatan pertama yang terpilih masuk ke Senat negara bagian.

Zaynab Mohamed, seorang warga Somalia Amerika berusia 25 tahun terpilih menjadi senat Minnesota. Dia menjadi wanita termuda yang terpilih menjadi majelis tinggi negara bagian terbesar dan merupakan salah satu dari tiga wanita kulit hitam pertama di badan legislatif.

Selain itu, di Minnesota, Muslim AS pertama dan satu-satunya yang terpilih untuk posisi di seluruh negara bagian, Jaksa Agung Minnesota Keith Ellison. Jaksa Agung bergabung dengan anggota Kongres Ilhan Omar, Rashida Tlaib, dan Andre Carson.

“Hasil pemilu menunjukkan komunitas Muslim sedang membangun infrastruktur yang kukuh untuk kesuksesan pemilu yang berkelanjutan,” kata Direktur Eksekutif Jetpac Resource Center Mohammed Missouri dalam sebuah pernyataan.

 

“Keputusan kebijakan tentang pendidikan, perumahan, iklim, dan hak-hak sipil dibentuk oleh badan legislatif negara bagian dan sangat penting agar suara kita terwakili dalam proses pembuatan kebijakan,” tambahnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement