Rabu 09 Nov 2022 13:40 WIB

Sisterhood Football Club, Sepak Bola yang Menyatukan Wanita Muslim di London

Sisterhood memungkinkan anggotanya menikmati bermain sepak bola.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Didirikan pada 2018, klub sepak bola perempuan Muslim di Inggris, Sisterhood, telah berkembang dua kali lipat menjadi hampir 100 pemain. Sisterhood menjadi tempat paling nyaman bagi wanita muslim yang ingin berolahraga. Sisterhood Football Club, Sepak Bola yang Menyatukan Wanita Muslim di London
Foto: Sisterhood Football Club
Didirikan pada 2018, klub sepak bola perempuan Muslim di Inggris, Sisterhood, telah berkembang dua kali lipat menjadi hampir 100 pemain. Sisterhood menjadi tempat paling nyaman bagi wanita muslim yang ingin berolahraga. Sisterhood Football Club, Sepak Bola yang Menyatukan Wanita Muslim di London

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Didirikan pada 2018, klub sepak bola perempuan Muslim di Inggris, Sisterhood, telah berkembang dua kali lipat menjadi hampir 100 pemain. Sisterhood menjadi tempat paling nyaman bagi wanita muslim yang ingin berolahraga.

 

Baca Juga

Dilansir dari Eastern Eye pada Rabu (9/12/2022), di lapangan sepak bola di taman pusat kota London, Sisterhood Football Club, tim wanita Muslim melakukan pergantian pemain.

 

“Jilbabmu, selipkan. Jangan sampai menghalangi," ujar seorang rekan setimnya saat pemain pengganti berlari.

 

Terlepas dari kehangatan sore hari, semua pemain Sisterhood mengenakan pakaian klub serba hitam dari ujung kepala hingga kaki. Ada yang memakai celana training, hampir semuanya memakai penutup kepala dan salah satunya dengan gamis abaya panjang.

 

Di sela-sela, seorang anggota regu membentangkan tikar dan berlutut untuk berdoa, sementara rekan satu timnya bermain melawan tim yang dipimpin oleh wanita Brasil dengan kemeja dan celana pendek merah muda dan biru cerah.

 

Sejak didirikan anggota Sisterhood menjadi berkembang dua kali lipat menjadi hampir 100 pemain, memungkinkan anggotanya untuk menikmati bermain sepak bola tanpa ada yang menanyakan kode pakaian Muslim mereka atau bertanya mengapa mereka menahan diri tidak bersosialisasi di pub setelah pertandingan.

 

"Ini adalah klub sepak bola bagi wanita Muslim untuk datang dan merasa bebas dan santai dan dapat bermain dengan pakaian mereka," kata Kamara Davis (30 tahun).

 

David memeluk Islam pada usia 17 dan merasa dia tidak akan pernah bermain sepak bola lagi karena tampaknya tidak sesuai dengan pakaian keagamaan. Tetapi ketika dia mendengar tentang Sisterhood, dia langsung mengambil kesempatan untuk bergabung.

 

Fatima Ali (26) mengatakan beberapa keluarga pada awalnya berjuang memahami mengapa putri mereka ingin bermain olahraga. Ia bahkan rela pergi jauh-jauh dari London barat ke tenggara.

 

“Saya menikmati bermain, kami punya tim, kami sudah mendapat kecocokan, kita harus pergi untuk melakukan ini,” kata Ali.

 

Yasmin Abdullahi, pendiri Sisterhood's Somali-British, mengingat keterkejutan banyak mahasiswa Muslim perempuan ketika dia memberi tahu mereka bahwa dia bermain sepak bola untuk Goldsmiths College London University saat masih menjadi mahasiswa.

 

“Mereka tidak percaya mereka melihat seorang gadis yang mengenakan jilbab dan mengatakan dia bermain sepak bola,” kata Abdullahi (30), seorang model profesional.

Jadi dia mendirikan klub sebagai cara untuk mendamaikan minat bermain olahraga di antara banyak wanita Muslim dan kepatuhan mereka terhadap iman mereka. Untuk menggarisbawahi poinnya, lencana klub Sisterhood menampilkan gambar jilbab, yang dilarang oleh badan sepak bola dunia FIFA dengan alasan keamanan pada 2007. Larangan itu baru dilonggarkan pada 2012, dengan jilbab sepenuhnya diizinkan pada 2014.

 

Seperti banyak pemain Sisterhood, Abdullahi bersemangat tentang Piala Dunia mendatang di Qatar. “Apa yang datang dengan Piala Dunia adalah pengalaman yang sangat indah, menonton pertandingan bersama keluarga dan teman Anda,” ujar Abdullahi.

 

Namun seperti anggota klub lainnya, Abdullahi membandingkan pendanaan untuk tim putra Inggris dibandingkan dengan tim putri nasional yang memenangkan Kejuaraan Eropa Wanita tahun ini untuk pertama kalinya.

 

“Jika mereka memiliki investasi yang sama dan kesempatan yang sama, di mana para perempuan itu?” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement