Selasa 08 Nov 2022 12:56 WIB

Ramadhan di UEA Diprediksi Dimulai pada Maret 2023

Ramadhan diprediksi akan dimulai pada 23 Maret 2023 dan berlangsung selama 29 hari.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Ramadhan. Ramadhan di UEA Diprediksi Dimulai pada Maret 2023
Foto:

Bagaimana Ramadhan yang diamati di UEA?

Tradisi Ramadhan di UEA dimulai pada pertengahan Syakban (bulan sebelum Ramadhan). Harinya dikenal sebagai Hagg Al Layla. Anak-anak Emirat mengenakan pakaian terbaik mereka dan pergi ke rumah-rumah di daerah tetangga membacakan lagu dan puisi.

Para tetangga menyebut mereka dengan manisan dan kacang-kacangan yang dikumpulkan oleh anak-anak dalam tas kain tradisional. Ada dua makanan utama di Ramadhan yaitu sahur dan buka puasa.

Mengikuti contoh Nabi Muhammad SAW, puasa dibatalkan dengan kurma dan susu mentega di seluruh dunia Islam. Di malam pertama Ramadhan, keluarga berkumpul di rumah kepala keluarga laki-laki, biasanya kakek untuk berbuka puasa pertama mereka.

Di UEA dan negara GCC lainnya, kura dianggap sebagai roti gurun. Gars, remah roti dengan kurma dan kapulaga adalah hidangan manis Emirat yang populer selama Ramadhan. Hidangan umum lainnya adalah Harees dan Threed.

Menembak meriam (Midha Al iftar) merupakan bagian satu kesatuan budaya Islam dan terjadi di banyak daerah seluruh negeri. Itu dapat didengar 8 sampai 10 kilometer jauhnya. Ini menandakan saat ketika umat Islam dapat berbuka puasa. Tradisi ini sudah dikenal masyarakat sejak pemerintahan mendiang Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, presiden UEA.

Anak-anak menunggu suaranya. Bagi mereka, meriam berbuka puasa adalah hal yang paling menyenangkan yang terjadi selama bulan suci, selain manisan dan makanan serta kegiatan khusus lainnya yang disediakan untuk mereka. Anggota militer UEA menjalankan tradisi ini dengan tindakan pencegahan keamanan yang sesuai.

Mereka yang mengalami halangan tertentu seperti sakit atau hamil tidak wajib berpuasa sesuai anjuran tenaga kesehatan. Yang sedang dalam perjalanan boleh berpusa nanti. Anak-anak tidak diwajibkan berpuasa sampai mereka mencapai pubertas, meskipun banyak yang masih melakukannya karena pilihan. Selain menahan diri dari makan, minum, dan merokok, umat Islam juga harus menahan diri dari ucapan dan perilaku yang berdosa.

Selain sholat lima waktu, pria dan wanita Muslim melakukan sholat Tarawih setiap bari setelah sholat Isya di tengah malam. Selama 10 hari terakhir, banyak Muslim yang setia menghabiskan sepanjang hari di masjid, berdoa dan membaca Alquran terkait Lailatul Qadar, malam turunnya wahyu pertama Alquran. 

Membaca bab yang berbeda di Alquran setiap harinya dihargai sepanjang Ramadhan. Mengamati adzan memberikan pengalaman spiritual. Sudah saatnya umat Islam mempraktikkan disiplin diri, pengorbanan, dan empati mereka kepada yang kurang beruntung. Ini mendorong kemurahan hati dan beramal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement