Jumat 28 Oct 2022 22:06 WIB

Ketum PBNU Minta Gubernur Bali Ceritakan Keharmonisan Pulau Dewata di Forum R20

Ketum PBNU minta gubernur Bali berbicara di Forum R20.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Ketum PBNU Minta Gubernur Bali Ceritakan Keharmonisan Pulau Dewata di Forum R20. Foto:  Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya)
Foto: Dok Republika
Ketum PBNU Minta Gubernur Bali Ceritakan Keharmonisan Pulau Dewata di Forum R20. Foto: Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Indonesia (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf atau yang akrab dipanggil Gus Yaqut bertemu dengan Gubernur Bali, I Wayan Koster pada di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, pada Jumat (28/10/2022). Dalam pertemuan ini, keduanya fokus membicarakan pelaksanaan Forum Religion Twenty (R20) yang akan digelar pada 2-3 November 2022 mendatang.

“Kita koordinasi dengan Pak Gubernur. Beliau sangat terbuka dan siap membantu apa yang kita butuhkan untuk acara R20,” ujar Gus Yahya dalam siaran pers PBNU yang diterima Republika, Jumat (28/10/2022) 

Baca Juga

Sebagai penggagas R20, Gus Yahya juga menyampaikan permintaan khusus kepada Gubernur Bali untuk berbicara dalam forum ini. Menurut Gus Yahya, Bali mampu mengelola masyarakat untuk hidup damai. Karena itu, dia meminta I Wayan Koster menceritakan keharmonisan Pulau Dewata di Forum R20 nanti.

”Agar (Gubernur) bercerita tentang bagaimana Bali mengelola masalah yang luar biasa terkait dukungan antarumat beragama. Padahal pernah terjadi teror bom, tapi tidak sampai meruntuhkan masyarakatnya, tidak sampai menimbulkan perpecahan yang berkepanjangan, dan berhasil mengembalikan harmoni,” jelas Gus Yahya.

Sementara itu, I Wayan Koster menyatakan sangat mendukung dan siap menyukseskan pertemuan tokoh agama dunia ini pada 2-3 November mendatang. “Saya sangat mendukung gagasan ini, karena ini momentum yang baik untuk membawa peradaban baru ke depan,” ujar Koster.

Menanggapi permintaan khusus Gus Yahya agar bercerita tentang harmoni antarumat beragama di Bali, Koster juga mengaku siap dan dengan senang hati akan berbagi mengenainya.

“Tadi beliau (Gus Yahya) meminta saya hadir di acara gala dinner R20 untuk menyampaikan kehidupan beragama di Bali yang sangat baik sebagai percontohan yang [bisa] diterapkan di negara lain,” kta Koster sambil memastikan bahwa dirinya siap hadir di R20.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula tim panitia R20, di antaranya Timothy Samuel Shah (Panitia Pengarah), Ahmad Suaedy (Ketua Pelaksana), Safira Machrusah (Wakil Ketua Pelaksana), Achmad Ubaedillah (Sekretaris Pelaksana), dan Dahliah Umar (Project Manager). Sedangkan I Wayan Koster didampingi langsung oleh Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra. Hadir pula tokoh Bali yang menjabat sebagai Koordinator Staf Khusus Presiden,  Ari Dwipayana, 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement