Jumat 19 Aug 2022 17:06 WIB

Muslim Illinois Hadapi Islamofobia dan Kurangnya Akses Perawatan Kesehatan

Padahal Illinois adalah negara bagian nomor satu untuk jumlah Muslim per kapita.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Muslim Illinois Hadapi Islamofobia dan Kurangnya Akses Perawatan Kesehatan
Foto:

Sekitar 12 persen responden Muslim di Illinois mengatakan mereka adalah wiraswasta atau menjalankan bisnis sendiri. Ini berarti mereka menciptakan sekitar enam persen dari semua pekerjaan di Illinois meskipun membentuk sekitar tiga persen dari populasi.

Salah satu tantangan yang dihadapi umat Islam di Illinois adalah akses perawatan kesehatan, termasuk terapi dan layanan kesehatan mental. Salah satu hambatan terbesar untuk akses layanan kesehatan adalah keterjangkauan.

Di sisi lain, Islamofobia menjadi masalah utama yang dihadapi oleh umat Islam di Illinois. Lebih dari separuh responden melaporkan telah menghadapi diskriminasi agama.

“Dari data nasional kita mengetahui bahwa ini terjadi dalam beberapa bentuk, baik di tingkat institusional maupun di tingkat interpersonal. Ini dapat memengaruhi berbagai hal mulai dari akses perawatan kesehatan, akses partisipasi politik, intimidasi di dalam ruang kelas hingga agresi mikro sehari-hari,” ujar Ikramullah.

Para peneliti juga menemukan Muslim di Illinois sangat aktif secara politik. Sebanyak 75 persen dari sampel terdaftar untuk memilih dan 16 persen menyatakan niat untuk mendaftar.

“Pesannya adalah jangan anggap remeh kami. Kami pemilih, kami penyandang dana, kami pendukung. Dengarkan kami. Lihat kami,” kata presiden Illinois Muslim Civic Coalition Dilara Sayeed.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement