Kamis 04 Aug 2022 05:15 WIB

Asma Binti Abu Bakar: Muslimah Pemberani yang Membantu Nabi Muhammad Hijrah

Asma Binti Abu Bakar memiliki kedalaman iman dan kepercayaan pada Allah.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Asma Binti Abu Bakar: Muslimah Pemberani yang Membantu Nabi Muhammad Hijrah
Foto: Pixabay
Asma Binti Abu Bakar: Muslimah Pemberani yang Membantu Nabi Muhammad Hijrah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Situasi di Makkah menjadi tak aman bagi umat Islam karena orang-orang kafir Quraisy mengintensifkan penindasan mereka. Namun, Perjanjian Aqabah Kedua mengarah pada pembentukan negara Muslim kecil di Madinah.

Tak lama setelah itu, Nabi Muhammad memberikan izinnya bagi umat Islam untuk berhijrah. Emigrasi ke Madinah (dikenal oleh umat Islam sebagai Hijrah) melibatkan pengorbanan kekayaan yang besar, dan ditempa dengan bahaya karena para emigran dapat dirampok atau bahkan dibunuh di sepanjang jalan.

Baca Juga

Meskipun demikian, kaum Muslim mulai berhijrah sementara orang-orang musyrik melakukan yang terbaik untuk menghentikan mereka, mengetahui sepenuhnya bahwa pendirian negara Islam yang kuat di Madinah pasti akan menimbulkan ancaman besar bagi mereka.

Dalam waktu dua bulan setelah Perjanjian Aqabah Kedua, seluruh penjuru Makkah ditinggalkan, dan bahkan kaum Muslimin yang sebelumnya melarikan diri ke Abyssinia kembali ke Madinah untuk bergabung dengan kaum Muslimin lainnya di sana.

 

Selama waktu ini, Nabi, Abu Bakar, dan Ali membuat persiapan yang diperlukan untuk hijrah. Pada malam perjalanan mereka, orang-orang kafir telah merencanakan untuk membunuh Nabi, menempatkan banyak orang dari berbagai suku di sekitar rumahnya untuk secara kolektif menikamnya.

Abu Bakar memberi tahu putrinya Asma bahwa mereka akan pergi, dan dia mulai menyiapkan makanan dan minuman untuk perjalanan mereka dengan tas kulit. Namun, ketika dia pergi untuk mengikat tas ke tunggangannya, dia menemukan dia tidak punya apa-apa selain ikat pinggang untuk mengikatnya.

Ayahnya mengatakan kepadanya bahwa dia harus merobeknya menjadi dua dan menggunakannya untuk mengikat tas, memberinya nama "Dhat an-Nitaqayn" atau "dia dengan dua ikat pinggang". Saat itu, Asma masih seorang wanita muda, berusia kurang lebih 27 tahun.

Menyadari kesulitan yang mungkin dihadapi dalam perjalanan mereka, ayahnya membawa semua kekayaannya, seandainya dia membutuhkannya untuk melindungi Nabi, tidak meninggalkan apa pun untuk keluarganya. Tentunya Asma menyadari gawatnya situasi. Dia dibiarkan bertanggung jawab atas adik-adiknya tanpa uang di tangan, dan mengetahui bahwa ketika orang-orang kafir mengetahui kepergian ayahnya bersama Nabi, dialah yang akan menghadapi kemarahan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement