Jumat 08 Jul 2022 13:52 WIB

Wagub Jateng Imbau Pemotongan Hewan Kurban Dilakukan di RPH

Wagub Jateng menghimbau pemotongan hewan kurban dilakukan di RPH.

Rep: Bowo S Pribadi/ Red: Agung Sasongko
Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen/
Foto:

Menurut wagub, sudah tersebarnya juleha di sejumlah kabupaten/ kota. Karena perhatian Pemprov Jawa Tengah sangat tinggi terhadap persoalan penyembelihan hewan ternak sesuai syariat Islam.

Maka, pemerintah perlu terus mendorong penyediaan tenaga juleha di bebagai daerah. Terlebih setelah pandemic Covid-19, masyarakat juga semakin sadar terhadap pentingnya menjaga kesehatan.

Karena juleha juga dipersiapkan dalam upaya memenuhi bahan makanan –asal hewan ternak—yang sehat. “Kalau dari bahan makanannya sudah sehat dan halal (dari hulu sampai hilir), insya Allah, kita semua juga akan lebih sehat,” tegasnya. 

Terkait dengan hari raya Idul Adha (hari raya kurban) 1443 Hijriyah yang sudah semakin dekat, wagub juga mengingatkan kepda masyarakat yang akan berkurban untuk segera membeli hewan kurban.

Menurutnya, saat ini merupakan waktu yang ideal untuk menyiapkan hewan kurban dan tetap memastikan hewan- hewan kurban tersebut benar- benar sehat dan layak untuk dikurbankan.

Dengan membeli hewan kurban sekarang, beberapa antisipasi terkait kesehatan hewan kurban akan dapat dilakukan, sebelum menuju hari pemyembelihan/ pemotongan.

Selain itu, masyarakat juga akan dapat memantau dan mengawasi kondisi kesehatan hewan kurban yang dimaksud. “Karena dapat melakukan ‘karantina’ hewan kurban hanya 24 jam sebelum dipotong,” tandas Taj Yasin

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement