Selasa 05 Jul 2022 22:56 WIB

Kurban Online Baznas Tingkatkan Taraf Hidup Peternak Mustahik

Baznas mengangkat perekonomian peternak mustahik binaan sesuai visi sejahterakan umat

Kurban Online Baznas yang digelar jelang perayaan Idul Adha menjadi momentum emas bagi para peternak mustahik untuk meningkatkan penghasilannya.
Foto: Baznas
Kurban Online Baznas yang digelar jelang perayaan Idul Adha menjadi momentum emas bagi para peternak mustahik untuk meningkatkan penghasilannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berhasil mengangkat perekonomian peternak mustahik binaan sesuai visinya sebagai lembaga utama menyejahterakan umat. Kurban Online Baznas yang digelar jelang perayaan Idul Adha menjadi momentum emas bagi para peternak mustahik untuk meningkatkan penghasilannya.

Salah satu yang mengalami kemajuan pesat adalah Ade Rusmana, peternak di Balai Ternak Baznas yang terletak di Cimande, Bogor, Jawa Barat. Ade bergabung dengan Balai Ternak Baznas sejak November 2018. Awalnya, pria berusia 51 tahun itu tak memiliki teknik memelihara domba karena dulunya menjadi tukang bordir dan berjualan sayur keliling. 

Baca Juga

"Alhamdulillah, perlahan tapi pasti saya bisa mencapai hasil maksimal berkat bantuan dan pembinaan intensif yang dilakukan Baznas kepada seluruh mustahik binaan, termasuk saya," kata Ade.

Pada awal program, Ade diberikan modal produktif sebanyak sembilan ekor domba untuk dikembangkan bersama kelompok peternak Madani Farm di Balai Ternak Baznas Bogor. Berkat kegigihan dan kecintaannya pada ternak, per Juni 2022 hewan ternak yang ia pelihara berkembang menjadi 54 ekor.

Perayaan Idul Adha menjadi momentum emas bagi peternak mendapatkan penghasilan lebih. Pada Idul Adha tahun sebelumnya, Ade berhasil meraih penghasilan bersih Rp 20.400.000 dari hewan kurban yang dijualnya. Pada tahun ini, melalui Kurban Online Baznas Ade berharap kesuksesan serupa akan kembali terulang.

"Kami peternak mustahik binaan Baznas sangat berharap pada Idul Adha tahun ini kembali meraih kesuksesan. Untuk mencapai hal itu, kami sudah menyiapkan berbagai langkah dalam menyiapkan hewan kurban terbaik. Termasuk mengantisipasi mewabahnya penyakit PMK, kami sudah melakukan langkah mitigasi sejak awal wabah itu melanda," katanya. 

Pimpinan Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan menjelaskan Ade Rusmana merupakan satu dari sekian banyak peternak mustahik yang berdaya dan berhasil karena kegigihan dalam menjalankan amanah. "Baznas sangat mengapresiasi Ade Rusmana dan peternak mustahik lain yang berhasil bangkit melalui program Balai Ternak Baznas. Ade merupakan contoh nyata bagaimana mustahik berhasil bertransformasi menjadi muzaki karena tekun dan gigih dalam menjalankan amanah dari dana yang disalurkan muzaki," ucap Saidah.

Jika dulunya Ade mendapatkan bantuan, pria berdarah Tasikmalaya itu bahkan telah menjadi shohibul kurban dengan berkurban seekor domba hasil pembiakan sendiri pada tahun 2020. Saidah berharap kisah Ade Rusmana dapat menginspirasi mustahik lain untuk terus bersemangat demi kebangkitan perekonomian keluarga.

"Baznas berharap insipirasi Ade Rusmana dapat menular kepada mustahik lain agar terus berdaya dan bertransformasi menjadi muzaki di kemudian hari," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement