Kamis 30 Jun 2022 13:08 WIB

Larangan Burkini Bukan Hanya Pengaruhi Wanita Muslim

Kebutuhan menutup aurat tidak hanya dilatarbelakangi oleh agama.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Dalam file foto 4 Agustus 2016 yang dibuat dari video, Nissrine Samali, 20, masuk ke laut mengenakan burkini, pakaian seperti pakaian selam yang juga menutupi kepala, di Marseille, Prancis selatan. Larangan Burkini Bukan Hanya Pengaruhi Wanita Muslim
Foto:

“Untuk scuba diving dan olahraga air lainnya, perenang sering memakai pakaian yang membutuhkan perlindungan dari sinar UV atau dingin,” jelasnya.

Ia menjelaskan burkini memberikan fungsi yang sama seperti pakaian selam peselancar, yang tetap tanpa stigma di dunia barat. Munculnya mode sederhana, yang sebagian besar didorong melalui media sosial, telah membantu menghancurkan stereotip tentang pakaian konservatif dan pakaian renang.

Tidak hanya merek olahraga seperti Nike dan Adidas yang ikut-ikutan menggunakan burkini, tetapi label mewah seperti Cynthia Rowley dan toko kelas atas termasuk H&M juga mulai merancang pakaian renang lengan panjang yang bergaya. UEA memiliki bakat desain pakaian renang sederhana, dengan merek seperti Maya dan Nur Swimwear.

Merek tersebut membuka jalan bagi burkini yang bergaya. Musim semi ini, influencer Dubai Hadia Ghaleb, yang memiliki lebih dari dua juta pengikut di Instagram, meluncurkan merek pakaian renang inklusif, memberikan burkini peningkatan yang keren dan penuh warna.

Sementara industri fesyen mungkin telah menerima dan menganut pakaian sederhana, citra cadar Muslim (sekarang diperluas ke pakaian renang burkini) tetap menjadi simbol politik yang memanas, terutama di Prancis. Senat negara itu memilih untuk melarang jilbab pada anak di bawah umur tahun lalu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement