Rabu 15 Jun 2022 13:20 WIB

Salimah Klaten Launching Komunitas Perempuan Peduli Lingkungan

Permasalahan sampah, menjadi masalah pelik.

Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kabupaten Klaten gelar seminar
Foto: istimewa
Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kabupaten Klaten gelar seminar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kabupaten Klaten gelar seminar "Pengelolaan Sampah" dan me-launching Komunitas Perempuan Peduli Lingkungan (KPPL), pada Ahad, 12 Juni 2022.  Kegiatan bertempat di Balai Desa Kadibolo, Wedi, Klaten.

Acara menghadirkan Ketua PD Salimah Klaten beserta perwakilan pengurus, Ibu Kepala Desa (Kades), tamu undangan, dan perempuan yang tergabung dalam komunitas tersebut, sekitar empat puluhan peserta. 

Baca Juga

Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Salimah. Berikutnya, sambutan dari  Ibu Kades Kadibolo, Siti Marwiyah, A.Md. Dalam sambutannya beliau menyampaikan banyak terima kasih kepada  pengurus PD Salimah Klaten dan para peserta yang hadir.

"Saya berharap semoga acara ini penuh berkah dan mampu memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai pengelolaan sampah agar masalah tersebut terurai," kata Siti.

Sambutan selanjutnya dari ketua PD Salimah Klaten, Anna Wijayanti, S.Kep.Nurs. "PD Salimah Klaten sebagai organisasi sosial dan keagamaan, memiliki dua puluh empat cabang dan satu ranting, serta memiliki berbagai program unggulan. KPPL merupakan salah satu program pemberdayaan perempuan bidang lingkungan dengan salah satu kegiatannya tentang pengelolaan sampah. Kami berharap hadirnya Salimah di Kabupaten Klaten, mampu berkontribusi dan memberikan solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat," paparnya.

Anis Veranita, S.Pi, M.Eng sebagai narasumber seminar banyak memaparkan tentang sampah dan cara pengelolaannya. "Permasalahan sampah, menjadi masalah pelik karena terus menerus diproduksi oleh manusia. Kita tidak hanya memilah sampah, tapi juga harus bisa mengolah sampah. Sebagai contoh untuk sampah plastik kita bisa lakukan 4 R: Reduce (mengurangi sampah plastik), Reuse (menggunakan  kembali plastik bekas), Recycle (mendaur ulang plastik), dan Refuse (tidak menggunakan kemasan plastik)," ungkap Anis.

Agenda diakhiri dengan peresmian dan pelantikan pengurus KPPL Desa Kadibolo. Susunan pengurus KPPL terdiri dari, Ketua: Tri Purwanti, Sekretaris: Ridha Rehantin, Bendahara: Siti Nur Jannah, anggota: Supiyati, Maryati, Maryatun, Suyamti. Semoga bermanfaat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement