Senin 13 Jun 2022 09:45 WIB

Kisah Fauzan Mengayuh Sepeda Sejauh 5.000 Km demi Ibadah Haji

Fauzan merupakan pemegang gelar master dan fasih berbahasa Arab.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Warga Magelang, Jawa Tengah Muhammad Fauzan berpose bersama Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad di Riyadh, Arab Saudi pada Juni 2022. Sepeda miliknya ia kayuh selama hampir 5.000 kilometer, dalam perjalanannya dari Indonesia ke Arab Saudi yang memakan waktu lebih dari 7,5 bulan. Kisah Fauzan Mengayuh Sepeda Sejauh 5.000 Km demi Ibadah Haji
Foto:

Selama perjalanan tersebut, ia kerap bertemu dengan cuaca dan iklim yang agak keras, bahkan terkena hujan di beberapa daerah. Ia pun memilih beristirahat dan tidur lebih banyak di siang hari setelah mendirikan tenda di pinggir jalan.

Perjalanan yang ia lakukan sebagian besar terjadi pada malam hari. Dia menyiapkan teh dan makanan ringan di tenda dan biasa membeli makan siang dari restoran.

Fauzan berharap mendapatkan izin untuk menunaikan haji dalam waktu dekat. Misi Haji Indonesia di Jeddah telah memulai prosedur yang diperlukan terkait hal tersebut. Pria berusia 28 tahun itu mengatakan akan segera bersepeda ke Madinah untuk mengunjungi Masjid Nabawi.

Mengacu pada rencananya setelah melaksanakan ibadah haji, Fauzan mengatakan prioritasnya adalah mengunjungi Masjidil Aqsa, tempat suci ketiga umat Islam. Ia juga berencana mengunjungi negara-negara GCC selain Palestina sebelum terbang kembali ke Jakarta.

Terakhir, Fauzan menceritakan kesulitan yang ia temui untuk mendapatkan izin perjalanan ke Myanmar setelah bersepeda melalui jalur panjang melalui Thailand. “Semua upaya saya mendapatkan visa ke Myanmar sia-sia dan karenanya, saya terpaksa menghentikan perjalanan bersepeda di Thailand setelah melintasi hampir 4.000 Km dengan sepeda dan karenanya terbang dari Bangkok ke Riyadh pada 26 Mei," ucapnya.

Setibanya di Riyadh, ia diterima oleh Dubes RI Abdul Aziz Ahmad dan Wakil Kepala Misi dan Kuasa Usaha Arief Hidayat. Butuh waktu satu minggu untuk mencapai Makkah dari Riyadh, bersepeda hampir 900 Km dan dari sana bersepeda ke Jeddah dan mengunjungi KJRI dimana ia disambut oleh KJRI Eko Hartono dan pejabat KJRI lainnya.  

 

https://saudigazette.com.sa/article/621679/SAUDI-ARABIA/Young-Indonesian-travels-5000-km-on-bicycle-in-his-pilgrimage-to-Three-Holy-Mosques

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement