Sabtu 04 Jun 2022 09:50 WIB

Lepas Calon Jamaah Haji, Wapres: Jangan Kebanyakan Tawaf di Pasar atau Toko

Kiai Maruf meminta calon jamaah haji tidak sering keluyuran selama di Tanah Suci.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agus raharjo
Wakil Presiden Maruf Amin (kedua kanan) menyapa calon jamaah haji kloter 1 yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci dari embarkasi Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (4/6/2022).
Foto: Fauziah Mursid
Wakil Presiden Maruf Amin (kedua kanan) menyapa calon jamaah haji kloter 1 yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci dari embarkasi Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (4/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO--Wakil Presiden Ma'ruf Amin melepas keberangkatan 449 calon jamaah haji kloter pertama asal embarkasi Surabaya ke Tanah Suci Mekkah di Bandara Juanda, Sidoarjo, Sabtu (4/6/2022). Wapres meminta agar benar-benar menjalankan ibadah dengan baik selama di Tanah Suci.

"Taqarub Ilallah ya Bu, Pak ya, jangan banyak tawaf di pasar, jangan tawaf di toko-toko karena banyak pilihan dan tawaran. Tetapi banyak-banyak di masjid Taqarub Ilallah supaya menjadi haji yang mabrur, bukan haji mabur (terbang)," ujar Wapres.

Baca Juga

Wapres juga mengingatkan jamaah untuk senantiasa menjaga kesehatan selama pelaksanaan ibadah haji. Sebab, saat ini kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir. "Saya minta disana betul-betul yang pertama ya, karena masih Covid-19 belum habis, supaya menjaga kesehatannya, ya Bu, Pak," ujarnya.

Ia menambahkan, penting menjaga kesehatan dan kondisi tubuh mengingat cuaca di Arab Saudi sudah mulai musim panas. "Sekarang ini musim panas nanti bapak-bapak, ibu-ibu jangan keluyuran karena panasnya agak tinggi," ujarnya.

 

Dalam pelepasan ini, Wapres didampingi Gubernur  Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali. Kloter pertama embarkasi Surabaya ini akan diterbangkan menggunakan maskapai Saudi Arabia (Saudia) Airlines SV5141 pukul 08.30 WIB melalui Bandara Juanda, Ahad (4/6/2022).

Selain itu, Kiai Ma’ruf juga berpesan kepada petugas haji tahun ini agar melayani jamaah baik sebagai pebimbingnya atau pelayanan kesehatan. "Semua menjalankan dengan baik sehingga jamaah kita bisa terlayani dengan baik di Tanah Suci. Semua pelayanan kita ditingkatkan.

Secara total, embarkasi Surabaya direncanakan memberangkatkan 38 kloter dengan total jamaah 16.967 dengan rincian sebanyak 16.087 jamaah dari Jawa Timur, 318 dari Bali, 291 dari NTT, 119 dari Palembang, dan 152 petugas kloter. Kloter terakhir direncanakan berangkat pada 02 Juli 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement