Senin 09 May 2022 00:16 WIB

Tips Membuat Jamaah Subuh Tetap Bertahan ala PRM Kalikajar Slinga

Tips Membuat Jamaah Subuh Tetap Bertahan ala PRM Kalikajar Slinga

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Tips Membuat Jamaah Subuh Tetap Bertahan a-la PRM Kalikajar Slinga - Suara Muhammadiyah
Tips Membuat Jamaah Subuh Tetap Bertahan a-la PRM Kalikajar Slinga - Suara Muhammadiyah

Tips Membuat Jamaah Subuh Tetap Bertahan a-la PRM Kalikajar Slinga

PURBALINGGA, Suara Muhammadiyah – Masjid Asy-Syifa yang berada di Ranting Muhammadiyah Kalikajar, Slinga memiliki cara unik untuk membuat jamaah subuh tetap bertahan mengikuti program kuliah subuh.

Ramadhan menjadi bulan di mana semua ibadah dapat dilakukan dengan ringan, meski terkadang muncul suatu hambatan. Hal itu ditandai dengan jumlah jamaah di masjid dan musholla meningkat pesat, bahkan ada yang perlu menambahkan tenda di halaman masjid / mhsholla, karena jamaah yang membludak, terutama sholat tarawih.

Berbeda dengan sholat Subuh yang biasanya sebagian jamaah usai sholat lantas pergi. Mereka tidak mengikuti kegiatan kuliah subuh.

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi mereka langsung pulang tanpa mengikuti kuliah subuh. Baik mengantuk, mau ke pasar, atau ada aktivitas lain yang harus dikerjakan lebih awal.

Hal tersebut menjadikan takmir Masjid Asy-Syifa membuat inovasi untuk membuat mereka mau ikut kuliah Subuh, terutama bagi yang aktivitasnya siang.

Jamaah sering menyebutnya dengan istilah Quiz.

Quiz yang dimaksud adalah menjawab pertanyaan dari takmir dan bagi yang benar jawabannya mendapatkan hadiah. Biasanya dilaksanakan pada dua hari terakhir sebelum lebaran, yang diumumkan sejak awal Ramadhan.

Hadiah Quiz ini sebagian berasal dari uang infak jamaah selama Ramadhan dan sebagian lagi berasal dari donatur-donatur setempat ataupun dari para perantau yang baru pulang. Takmir menyediakan puluhan amplop yang berisi uang yang dibagikan dalam beberapa kategori, yaitu anak-anak, remaja dan orang tua. Selain tiga kategori tersebut, kadang juga takmir menyiapkan hadiah khusus bagi jamaah yang paling rajin, yang paling muda juga yang paling tua.

Ustadz Suparno, S.Pd.I menyampaikan, program ini sebagai tambahan motivasi semangat ngaji dan evaluasi jamaah dari berbagai materi yang disampaikan sejak hari pertama Ramadhan. “Program ini kita lakukan sebagai bentuk menjaga dan memotivasi jamaah supaya tetap rajin hadir di masjid ini,” ungkap Ustadz Suparno sebagai salah satu imam di masjid Asy-Syifa. (M)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement