Jumat 22 Apr 2022 22:28 WIB

Polisi Tawarkan Masyarakat Pengawalan Jelang Idul Fitri

Masyarakat bisa mendapatkan pengawalan polisi secara gratis.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Muhammad Hafil
Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno memimpin apel Operasi Ketupat Krakatau 2022 di Mapolda Lampung, Jumat (22/4/2022).
Foto: Polda Lampung
Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno memimpin apel Operasi Ketupat Krakatau 2022 di Mapolda Lampung, Jumat (22/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR LAMPUNG – Menjelang Lebaran Idul Fitri 1443 H, jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menawarkan pengawalan keamanan kepada masyarakat yang ingin beraktivitas menjelang Lebaran. Pengawalan anggota kepolisian yang diberikan secara gratis.

"Apabila membawa barang berharga seperti uang, perhiasan, dan lainnya mintalah pengawalan kepada pihak kepolisian. Pengawalan diberikan secara gratis," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad di Bandar Lampung, Jumat (22/4/2022).

Baca Juga

Pandra mengatakan, menjelang Idul Fitri kebutuhan masyarakat meningkat, untuk itu, masyarakat disarankan meminta pengawalan kepada aparat kepolisian bila bepergian ke luar membawa barang berharga.

Dia mengatakan, pengawalan yang diberikan untuk masyarakat merupakan bagian dari kegiatan kepolisian yang ditingkatkan menyambut hari raya Idul Fitri. Selain itu pula, langkah pengawalan juga merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi niat dan kesempatan para pelaku kejahatan.

Menurut dia, biasanya masyarakat, pengusaha maupun karyawan sangat sibuk-sibuknya untuk kebutuhan Idul Fitri, seperti mengambil uang dalam jumlah banyak untuk THR atau lainnya. “Karena itu, mari kita manfaatkan kehadiran kepolisian di tengah-tengah masyarakat agar tidak terjadi hal yang sama-sama tidak kita inginkan," kata Pandra.

Dia mengingatkan masyarakat agar tidak luput terhadap protokol kesehatan karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. Ia tetap minta masyarakat Lampung agar mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker saat berpergian.

"Prokes tetap kita terapkan bersama-sama. Tetap kita gunakan masker, mencuci tangan, dan lainnya. Hal itu dilakukan bertujuan agar kita semua selalu sehat dan dapat berkumpul dengan keluarga pada hari Idul Fitri," ujarnya.

Dalam memberikan pelayanan pengamanan dan pengawalan tersebut, Pandra juga meminta kepada masyarakat agar menghubungi call center 110 atau melaporkan kepada petugas kepolisian terdekat, jika melihat dan mencurigakan adanya peristiwa tindak pidana kejahatan.

“Dengan pengaduan itu anggota yang berada di posko maupun di lapangan akan langsung merespon dan menuju ke lokasi tersebut," katanya. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement