Ahad 17 Apr 2022 05:21 WIB

LaunchGood, Platform Crowdfunding Muslim AS yang Bantu Jutaan Orang di Dunia

LaunchGood jadi tuan rumah untuk 40 ribu kampanye penggalangan dana di 150 negara.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
The Muslim House, masjid sekaligus tempat berkumpul komunitas Muslim di Flint, Michigan, Amerika Serikat (AS). LaunchGood, Platform Crowdfunding Muslim AS yang Bantu Jutaan Orang di Dunia
Foto:

Launchgood memungkinkan individu dan organisasi untuk menyiapkan kampanye penggalangan dana untuk tujuan yang beragam, baik skala besar maupun kecil. Mulai dari individu dan keluarga yang mencoba membayar tagihan medis dan utang lainnya, hingga program skala besar yang dirancang memberikan bantuan darurat, makanan, dan tempat tinggal bagi para korban perang, platform ini menampung seluruh spektrum penggalangan dana.

Bukan hanya umat Islam yang mendapat manfaat dari platform ini. Salah satu kampanye paling awal berfokus pada komunitas Yahudi di AS. Setelah pemakaman Yahudi dan pusat komunitas dinodai segera setelah Donald Trump menjabat presiden AS pada 2016, tokoh Muslim terkemuka menggunakan LaunchGood untuk mengumpulkan uang untuk perbaikan. Kampanye tersebut menjadi viral ketika penulis Harry Potter JK Rowling me-retweet dengan kata-kata, "Ini sungguh indah."

"Tweet Rowling segera membuat situs web kami rusak!" kata Blauvelt, mengenang momen viral ketika trafik web ke LaunchGood meningkat. "Tapi sekarang kampanye solidaritas semacam ini telah menjadi ciri khas LaunchGood. Orang-orang menemukan kekuatan luar biasa karena mampu bersatu untuk suatu tujuan dan mampu melakukan sesuatu dengan segera untuk membantu orang lain," katanya.

Donasi meningkat signifikan biasanya terjadi pada bulan Ramadhan. Bagi umat Islam, ini adalah bulan paling suci ketika amal untuk orang miskin dan orang yang membutuhkan didorong. Seperti banyak organisasi Muslim, ini juga menjadi waktu tersibuk bagi LaunchGood.

"Sejuta donatur yang bertepatan dengan waktu khusus tahun ini benar-benar istimewa. Ini adalah bukti kekuatan kemurahan hati dan niat baik para donatur kami, yang tidak pernah berhenti membuat kami takjub," ujar Omar Hamid, salah satu pendiri LaunchGood.

 

Sumber: https://www.trtworld.com/magazine/how-a-muslim-run-crowdfunding-startup-helps-millions-around-the-world-56386

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement