Kamis 14 Apr 2022 14:00 WIB

 Payung Konvertibel di Masjid Nabawi yang Melindungi Jamaah

Payung konvertibel besar yang berada di Masjid Nabawi berfungsi melindungi jamaah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Payung Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.
Foto: Republika/Yogi Ardhi/ca
Payung Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Payung konvertibel besar yang berada di Masjid Nabawi berfungsi untuk memberikan perlindungan para jamaah dari hujan dan sengatan sinar matahari. Payung raksasa ink dirancang dengan arsitektur yang presisi satu sama lainnya. Seperti dilansir Saudi Gazette pada Selasa (12/4/2022) payung besar di Masjid Nabawi itu memiliki ketinggian 14,40 meter dan yang lainnya 15,30 meter. Sedang ketinggian payung saat dilipat akan mencapai 21,70 meter.

photo
Payung Besar Masjid Nabawi, Madinah. - (ROL/Agung Sasongko)

Ada sebanyak  250 payung yang dipasang di pelataran Masjid Nabawi. Payung dipasang dalam dua tahap:l, tahap pertama termasuk 182 payung dan 68 sisanya dipasang di tahap kedua. Total luas area yang dinaungi payung mencapai 143.000 meter persegi dengan jumlah jamaah di bawah payung mencapai sekitar 228.000 orang. 

Baca Juga

Payung berisi 436 kipas semprot yang dipasang di sisi payung. Setiap kipas memiliki 16 bukaan yang menyemprotkan air, dengan kipas mengolah sekitar 200 liter air per jam. Payung disediakan dengan air melalui dua stasiun yang memurnikan air semprotan. 

photo
Seorang jamaah memperhatikan proses payung peneduh di Masjid Nabawi tengah menguncup di Madinah, - (Republika/Yogi Ardhi)

Kipas angin melembabkan udara luar sehingga para tamu Masjid Nabawi dapat menikmati suasana yang layak. Semua prosedur ini dilakukan dari ruang kontrol utama yang memantau dan memelihara payung. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement