Rabu 06 Apr 2022 12:37 WIB

Istiqlal Masjid Pertama di Dunia yang Dapat Sertifikat EDGE

Masjid Istiqlal telah melalui proses peremajaan ramah lingkungan.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Suasana Masjid Istiqlal saat peringatan Milad ke-43 di Jakarta Pusat, Senin (22/2/2021). di Jakarta Pusat, Senin (22/2/2021). Wajah baru Masjid Istiqlal yang telah direnovasi itu memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah sekaligus memperhatikan aspek arsitektur, seni, hingga estetika.
Foto:

Istiqlal Ecomasjid

Selain mendapat sertifikasi Final EDGE, Masjid Istiqlal juga menjalani penilaian Greenship dari GBC Indonesia. Masjid Istiqlal juga telah mendapatkan predikat Ecomasjid dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Ketua GBC Indonesia, Iwan Prijanto, mengatakan, GBC Indonesia mengapresiasi pencapaian luar biasa Masjid Istiqlal yang menjadi bangunan keagamaan pertama yang mendapatkan sertifikasi Final EDGE. Masjid Istiqlal dibangun sebagai simbol kebesaran masyarakat Islam di Indonesia, dan merupakan representasi dari penghormatan mereka yang luar biasa kepada Allah SWT, masyarakat, dan alam.

"Kami berharap dapat melihat inisiatif ini direplikasi sebagai bagian dari upaya kolektif melindungi lingkungan dan berkontribusi pada masa depan yang lebih berkelanjutan," kata Iwan.

EDGE adalah sistem sertifikasi bangunan hijau yang dikembangkan oleh IFC. EDGE memberikan solusi teknis untuk mengadaptasi proyek konstruksi dengan standar bangunan hijau dan menghasilkan lingkungan serta keuangan yang positif. Hingga saat ini, EDGE telah mensertifikasi lebih dari 1,6 juta meter persegi luas bangunan di Indonesia, mengurangi emisi karbon sebanyak 48 ribu ton per tahun, yang setara dengan menanam sekitar 800 ribu pohon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement