Ahad 03 Apr 2022 00:25 WIB

Trauma Warga Gaza di Ukraina Bangkit Kembali Akibat Invasi Rusia

Menurut Kemenlu Palestina, sekitar 4.000 warga Palestina tinggal di Ukraina.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Sebuah foto selebaran yang dirilis oleh layanan pers Layanan Darurat Negara Ukraina pada 30 Maret 2022 menunjukkan layanan darurat melakukan operasi pencarian dan penyelamatan di gedung administrasi negara regional yang rusak di Mykolaiv, Ukraina. Trauma Warga Gaza di Ukraina Bangkit Kembali Akibat Invasi Rusia
Foto:

Menurut Kementerian Luar Negeri Palestina, sekitar 4.000 warga Palestina tinggal di Ukraina. Sejak awal invasi, kementerian telah berusaha mengevakuasi hingga 3.000 dari mereka. 

Bagi orang lain seperti Samar, situasinya tidak terlalu berbeda. Ibrahim Saidam adalah mahasiswa kedokteran di universitas Ukraina yang bernasib sama dengan Samar. Tetapi bagi Ibrahim, masalah menjadi lebih sulit karena dia menikah dengan seorang wanita Ukraina. 

Ibrahim mengatakan beberapa hari pertama sangat sulit. Bagi istrinya Victoria, ini adalah pengalaman pertamanya berperang dan Ibrahim terus-menerus harus menghibur istrinya yang sedih. 

"Saya telah hidup melalui perang di Jalur Gaza, jadi saya tahu apa yang harus dilakukan, tetapi kali ini lebih sulit untuk mendapatkan kebutuhan dasar seperti makanan dan minuman. Pengeboman sangat dekat dan kami memutuskan melarikan diri. Pada awalnya saya tidak tahu harus ke mana, tetapi akhirnya saya memutuskan kembali ke Gaza. Keluarga saya ada di sana,” kata Ibrahim.

Istri Ibrahim, Victoria, mengatakan  selama perjalanan berbahaya keluar dari Ukraina, dia sangat takut. Terutama ketika dia mendengar suara ledakan yang begitu dekatnya. Tapi sekarang dia aman, dia punya waktu untuk merenung.

“Sekarang semua ini sudah berakhir, saya senang berada di Palestina. Tapi saya masih merindukan keluarga dan negara saya. Saya harap saya bisa mendapatkan kesempatan untuk melihat mereka secepatnya,” kata Victoria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement