Jumat 01 Apr 2022 12:58 WIB

Baznas Gelar Program Khataman Alquran

Khataman Alquran Nasional ini sebagai bentuk mensyiarkan dakwah Alquran

Rep: Rossi Handayani/ Red: Gita Amanda
 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar program Khataman Alquran Nasional secara daring bersama beberapa institusi pendidikan.
Foto: Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar program Khataman Alquran Nasional secara daring bersama beberapa institusi pendidikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar program Khataman Alquran Nasional secara daring bersama beberapa institusi pendidikan seperti Pondok Pesantren Darul Alquran (DAQU), Institut Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ), Institut Ilmu Alquran (IIQ), dan Universitas Sains Alquran (UNSIQ), serta berbagai perguruan tinggi lain.

Khataman Alquran Nasional ini sebagai bentuk mensyiarkan dakwah Alquran untuk meningkatkan kualitas ibadah di bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah. Selain itu tentunya sebagai meneladani sunnah Rasulullah ﷺ  dan para ulama salafus sholih. Nantinya program ini akan diadakan sebanyak empat kali selama Ramadhan, yakni pada 3, 10, 17, dan 24 April 2022, dan disiarkan di kanal YouTube Baznas TV.

Baca Juga

"Alquran menjadi bagian terpenting dalam kehidupan kita. Kalau kita membaca Alquran sejatinya kita sedang berdampingan dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Bahwa kehidupan kita mutlak harus berdampingan dengan Alquran. Dan kita juga selalu memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar kita bisa belajar dan membaca Alquran siang dan malam, dan kita selalu memohon agar kita diingatkan dan dicerdaskan dengan Alquran," kata Ketua Baznas RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, M.A., dalam keterangan tertulisnya kepada Republika.

"Alquran merupakan bagian dari hidup kita dan Alquran kalamullah sehingga kita merasakan betul dalam kehidupan," lanjutnya.

 

Menurut Noor, bisa membaca Alquran adalah anugerah terbesar bagi kehidupan, maka anugerah ini harus disebarluaskan kepada masyarakat luas. Termasuk saat bulan Ramadhan mendatang, dengan membudayakan membaca Alquran akan memberi banyak manfaat dan kebaikan, serta dia berharap akan turut mendorong generasi yang akan datang generasi yang qurani.

Program ini turut mendapat sambutan positif dari institusi pendidikan yang terlibat. Rektor IDAQU, Dr H M Anwar Sani, S.Sos.I, ME, menyebut pihaknya mengapresiasi dan berbahagia bisa dilibatkan bersama-sama dalam program ini.

"Apalagi ini menjadi khataman bersama, berdoa bersama di antara para pencinta Quran di bulan Ramadhan ini. InsyaAllah akan jadi keberkahan untuk Indonesia dan dunia," kata Anwar.

Respons serupa juga diberikan para perguruan tinggi yang hadir, di antaranya Rektor IIQ, Dr Hj Nadhematul Faizah, SH, MHum; Ketua LTTQ PTIQ, Dr. H. Abdur Rohim Hasam, M.A, serta Rektor UNSIQ, Dr. H. Z. Sukawi, MA. Harapan tinggi diberikan agar program Khataman Nasional ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi umat banyak.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement