Selasa 29 Mar 2022 05:20 WIB

Panti Asuhan Muhammadiyah Nyai Walidah Gelar Ujian Munaqosyah

Panti Asuhan Muhammadiyah Nyai Walidah Gelar Ujian Munaqosyah

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Panti Asuhan Muhammadiyah Nyai Walidah ADAKAN Ujian Munaqosyah  - Suara Muhammadiyah
Panti Asuhan Muhammadiyah Nyai Walidah ADAKAN Ujian Munaqosyah  - Suara Muhammadiyah

Panti Asuhan Muhammadiyah Nyai Walidah ADAKAN Ujian Munaqosyah 

SURABAYA, Suara Muhammadiyah – Panti Asuhan Muhammadiyah (PAM) Nyai Walidah mengadakan ujian Munaqosyah Santri di Kantornya Jl. Dupak Bandarejo I No. 30 A, Krembangan, Surabaya, Ahad (27/3/2022). Sebanyak 5 santri PAM Nyai Walidah dinyatakan lulus ujian Munaqosah Tahfidzul Qur’an 2 juz.

Ujian Munaqosah ini berlangsung khidmat dibawah arahan Ustad Abdi, Munaqish yang ditugaskan oleh Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Surabaya. Meski demikian, suasana tegang tetap menyelimuti perasaan santri.

Kondisi itu membuat mental santri yang tadinya siap serta hafal, menemui berbagai kendala yang membuat mereka sesekali lupa kelanjutan ayat. Bahkan, ada yang tiba-tiba menyambung ke ayat yang lain.

Suasana tegang yang menghantui peserta ujia itu pun mampu dicairkan dengan baik oleh Ustad Abdi, yang terlihat telaten dan sabar untuk meminta santri rileks dan lebih santai. Ia pun meminta santri untuk mengulang lagi. Akhirnya, lima santri PAM Nyai Walidah mampu melalui ujian Munaqosyah hafalan Qur’an ini dengan baik.

“Sebelumnya, sebanyak 18 santri telah mengikuti proses verifikasi menuju ujian munaqosah. Tapi, hanya 5 santri yang terpilih karena dianggap siap dengan target hafalan 2 juz,” terang Kepala PAM Nyai Walidah Fitria Leliana

Fitri-sapaan karibnya-menambahkan, ujian Munaqosah hafalan 2 juz ini adalah lanjutan dari agenda GENQ 45 yang telah dirintis oleh MPS PDM Surabaya. Kegiatan itu bertujuan untuk mewujudkan generasi qurani dari santri PAM se-Kota Surabaya.

“Melaui cara ini, kita ingin berupaya untuk mewujudkan kader Muhammadiyah, utamanya santri PAM Nyai Walidah, yang mencinta Al Qur’an,” ujarnya.

Ia pun berharap, dukungan serta do’a agar PAM Nyai Walidah bisa lebih meningkatkan layanan terhadap para santri. Tak lupa, disampaikan terima kasih kepada Semua pihak yang terkait dalam suksesnya agenda Munaqosah Tahfidzul Qur’an 2 juz tersebut.

“Terimakasih kepada MPS PDM Surabaya yang telah memfasilitasi kegiatan ini serta PCM Krembangan dan MPS PCM Krembangan yang telah memberikan dukungan penuh kepada kami,” pungkasnya. (Aan)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement