Selasa 15 Mar 2022 09:42 WIB

Makin Banyak Pemuda Lebanon Putus Sekolah Akibat Krisis Ekonomi

Banyak anak muda Lebanon melewatkan makan dan tidak ke dokter.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Siswa berada di pintu masuk sekolah negeri di Beirut, Lebanon, 23 Februari 2022. Makin Banyak Pemuda Lebanon Putus Sekolah Akibat Krisis Ekonomi
Foto:

“Dulu kami bisa membeli barang, meski kesulitan. Sekarang karena krisis, kami hanya bisa membeli makanan dan minuman,” ucapnya.

Faraj dilatih sebagai penata rambut melalui inisiatif yang didukung Unicef yang bertujuan membantu kaum muda Lebanon menghadapi pengangguran tinggi. Unicef membayar sekitar dua dolar AS per hari bagi mereka yang dapat mencari pekerjaan.

"Ketika seorang anak muda putus sekolah pada usia 13, 14, atau 15 tahun, cukup sulit mendapatkan mereka kembali. Mereka menemukan diri mereka di pasar kerja yang sangat berbahaya dengan kurangnya pendidikan dan keterampilan yang parah," ucap Kepala Bagian Pemuda Unicef di Lebanon Alexandre Schein.

Beberapa keluarga di Lebanon telah beralih dari sekolah swasta ke sekolah negeri. Sayangnya, sekolah negeri tidak mampu memberikan pembelajaran jarak jauh ketika pandemi melanda. Setelah sekolah negeri dibuka kembali, sekolah terpengaruh penghentian dan pemogokan karena upah rendah guru.

Banyak guru di sekolah dan universitas meninggalkan pekerjaan mereka atau negara. Hal ini berkontribusi pada “Brain Drain” (hilangnya sumber daya manusia) yang berkembang. Menurut Menteri Pendidikan Abbas el-Halabi, masalah tersebut terkait dengan gejolak politik dan ekonomi yang lebih besar di negara itu.

“Pemuda di Lebanon kehilangan kepercayaannya jika terus tinggal di sini. Memang benar kita telah melihat siswa putus sekolah dan berhenti belajar. Banyak keluarga tidak lagi menghargai pendidikan, tetapi beberapa orang Lebanon sangat tertarik dengan pendidikan karena itu adalah satu-satunya senjata yang dapat mereka berikan kepada anak-anak mereka,” ucapnya. 

 

https://www.reuters.com/world/middle-east/lebanese-youths-abandon-education-crisis-bites-2022-03-13/

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement