Sabtu 05 Mar 2022 12:47 WIB

Orang Kaya yang Ideal, Seperti Apa?

Menjadi orang yang kaya sangatlah wajar.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Orang kaya raya (ilustrasi). Allah SWT dan Rasul-Nya pun menghendaki agar umat Islam menjadi orang yang kaya paripurna, yakni kaya lahiriah dan batiniah.
Foto:

Prof Nasaruddin mengatakan dalam kitab Ihya Ulumuddin, Imam Ghazali menjelaskan tentang sifat-sifat tercela yang cenderung menjangkiti orang yang kaya. Di antaranya yakni kikir dan pelit. Dia enggan sedikit pun untuk ber sedekah atau menolong orang lain dengan har ta yang dimiliki.

Prof Nasaruddin menjelaskan, kelak di yaumil hisab orang kaya yang kikir dan pelit akan mengalami kesulitan dan Allah akan menempatkannya di neraka. Selain itu, orang kaya juga rentan untuk dihinggapi sifat tamak. Saat ketamakan menyelimuti, orang tersebut akan terus berupaya menumpuk-numpuk kekayaannya bahkan dengan melakukan berbagai cara sekalipun jalan yang batil.

Orang yang kaya juga rentan dihinggapi sifat sombong dan angkuh. Prof Nasaruddin mencontohkan orang kaya yang sombong akan cenderung mendemonstrasikan kekayaan yang dimilikinya di tengah-tengah orang lain yang tengah mengalami kesusahan atau penderitaan.

Lebih lanjut, Prof Nasaruddin mengatakan orang yang kaya juga rentan melampaui batas dan riya dalam membelanjakan hartanya.Orang yang kaya juga rentan melakukan monopoli agar kekayaannya semakin bertambah banyak. Selain itu, mereka melakukan nepotisme dan korupsi dalam bisnisnya.

"Orang kaya seperti ini hidupnya tidak akan berkah. Hidupnya di dunia sudah bisa terlihat tidak berkah, apalagi di akhirat," kata Prof Nasaruddin.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement