Senin 28 Feb 2022 17:44 WIB

UEA Longgarkan Aturan Covid-19, Warga Merasa Aneh Keluar Rumah tanpa Masker

Masyarakat UEA sudah dibolehkan keluar rumah tanpa masker di luar ruangan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Jumeirah Dubai. UEA Longgarkan Aturan Covid-19, Warga Merasa Aneh Keluar Rumah tanpa Masker
Foto: gulftoday
Jumeirah Dubai. UEA Longgarkan Aturan Covid-19, Warga Merasa Aneh Keluar Rumah tanpa Masker

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Komite Tertinggi Manajemen Krisis dan Bencana di Dubai telah memperbarui beberapa peraturan Covid-19. Masyarakat sudah dibolehkan keluar rumah tanpa masker di luar ruangan. Meskipun begitu, warga tetap wajib memakainya di semua tempat umum dalam ruangan seperti pusat perbelanjaan atau supermarket. 

"Saya merasa pandemi hampir berakhir.  Dengan aturan yang dilonggarkan oleh pihak berwenang, dapat dipastikan  kita aman tanpa masker di Dubai," kata Anurag, warga UEA yang mengunjungi Expo Dubai 2020 dilansir dari Khaleej Times, Ahad (27/2/2022).

Baca Juga

Beberapa pengunjung terlihat tanpa masker di Expo, tetapi mereka mengatakan akan mematuhi aturan dengan mengenakan masker di ruang dalam ruangan seperti paviliun dan restoran. Meski semua menyambut baik langkah tersebut, banyak yang mengatakan butuh waktu untuk membiasakan hidup tanpa masker setelah dua tahun Covid-19. Beberapa mengatakan rasanya 'aneh' keluar dan berkeliling tanpa masker. 

“Saya akan mengambil beberapa waktu untuk menerima bahwa masker tidak lagi wajib di Dubai, tetapi untuk saat ini, karena kebiasaan dan keamanan saya, saya akan terus memakainya,” katanya. 

 

Banyak pengunjung pameran dunia terlihat dengan penjagaan mereka dan mengatakan akan butuh waktu agar gagasan hidup tanpa masker. “Perlu diingat bahwa pihak berwenang belum sepenuhnya menghilangkan kebutuhan akan masker.  Demi keselamatan kita sendiri, kita bisa tetap memakai masker di luar ruangan,” kata warga lain, Naveen. 

“Kami telah berhasil sejauh ini hanya karena UEA telah melakukan pekerjaan yang terpuji dalam menangani pandemi,” tambahnya.

Warga Abu Dhabi juga bergembira atas kebebasan tidak mengenakan masker di area terbuka, yang hampir menjadi barang mewah di dunia new normal. Meski sebagian besar warga terlihat mengenakan masker pada pagi hari, namun seiring berjalannya hari dan tersebarnya berita tentang penerapan pelonggaran masker, beberapa warga terlihat malu-malu dan hati-hati melepas masker untuk menikmati udara segar dan ekspresi wajah orang lain.

Kebingungan masih mendominasi wajah orang-orang saat mereka menatap dan mengerutkan kening pada orang-orang yang melepas masker di area terbuka.  Ekspatriat India Ramesh S., seorang penduduk lama, adalah salah satu dari banyak orang yang tidak menyadari perubahan aturan dalam semalam.

“Saya pergi jalan-jalan pagi dan menemukan banyak orang tidak memakai masker. Itu normal karena Anda tidak perlu memakai masker saat jogging. Tapi kemudian saya menemukan banyak tanpa masker di area terbuka dan kemudian saya belajar tentang perubahan aturan. Ini bagus. Siapa yang tidak ingin bernapas dengan mudah di udara terbuka? Ini adalah indikasi yang bagus tentang hal-hal yang benar-benar kembali normal," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement