Senin 28 Feb 2022 05:36 WIB

Dirjen PHU Berharap Kepastian Haji Didapat Bulan Depan

Saudi akan menyelenggarakan Muktamar dan Pameran Internasional untuk Haji dan Umrah.

Rep: Zahrotul oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19
Foto:

Ia lantas menekankan pentingnya keberadaan asrama haji sebagai wujud interpretasi umat muslim dalam menunaikan ibadah haji. Asrama adalah wujud interpretasi dan imajinasi dalam menerjemahkan satu kewajiban bagi umat muslim, yaitu menunaikan ibadah haji bagi orang-orang yang mampu.

 

Oleh karena itu, hal tersebut dinilai menjadi tantangan bagi kita semua, khususnya Kanwil dan KanKemenag. Utamanya, tentang bagaimana memahami situasi saat ini, dimana Indonesia sudah dua tahun tidak memberangkatkan jamaah haji.

 

Dalam kesempatan yang sama, KanKanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara Anwar Abubakar menyampaikan animo masyarakat sangat luar biasa terhadap keberangkatan haji.

 

"Animo masyarakat di Sulawesi Utara untuk berangkat haji sungguh luar biasa. Keberangkatan haji pun sudah dua tahun tertunda. Saat ini jamaah tengah berikhtiar mudah-mudahan haji tahun ini terlaksana," kata Anwar. 

 

Kanwil Kemenag Sulawesi Utara pun saat ini disebut tengah mengoptimalkan program manasik haji sepanjang tahun kepada para jamaah. Walaupun masih terbatas, tapi pihaknya mengupayakan peran menyeluruh dari seluruh perangkat untuk melakukan pendampingan, termasuk dari penyuluh dan penghulu agar memberikan bimbingan langsung kepada para jemaah.

 

Kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan prasasti peresmian Masjid Nabawi Asrama Haji Manado oleh Dirjen PHU Hilman Latief. Pembangunan masjid itu dibiayai Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Kemenag Tahun Anggaran 2020.

 

Selain itu, Hilman turut menandatangani prasasti peresmian Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kabupaten Minahasa Tenggara dan PLHUT Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, yang dibiayai SBSN Kemenag Tahun Anggaran 2021.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement